Senin, 16 Mei 2011

Carrot Cake


Ini kenangan masa kecil. Bukan rasanya, karena baru pertama kali ini aku makan kue wortel. Waktu kecil tahunya kue tart wortel kesukaan Paman Gembul di keluarga Bobo. Dulu pengen tahu seperti apa sih rasanya makan kue itu, juga pengen makan kue tart berhias strawberry seperti yang suka dimakan Ratu Bidadari sama Oki dan Nirmala. Juga puding-pudingnya yang bentuknya lucu-lucu..Semua kenangan indah itu melekat di memori.

Sekarang semuanya gampang didapat. Aku juga bisa bikin sendiri buat anak-anakku. Rasanya seperti melakukan beberapa pekerjaan sekaligus: mengeluarkan memori, memenuhi hasrat terpendam, dan mewariskannya untuk anak-anakku.

Tahap pertama mewujudkan kue wortel adalah googling. Ada beberapa resep yang aku temui. Aku pilih yang paling gampang: carrot cake dari situs Joy of Baking di sini. Hanya saja aku masih tahap uji coba dulu. Separo resep minus frosting nya. Hasilnya sungguh tak mengecewakan. Enak betul. Aku pikir jika pakai frosting tentu paduannya lebih nyuss lagi.

Jika ada yang mau coba silakan ya..ini rekomendasi dari aku, enak dan cocok buat anak-anak karena ada parutan wortelnya jadi lebih bergizi.

Ini resep yang aku gunakan (aslinya ada di situs Joy of Baking bisa cek di sana)

Bahan:
120 gr wortel parut (aku pakai wortel impor yang diparut pakai parutan keju) 
 120 gr tepung terigu
1/2 sdt soda kue
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt bubuk kayu manis
3 butir telur
150 gr gula pasir
120 gr minyak sayur
1 sdt vanilla extract

Cara membuat:
1.  Kocok telur sampai berbusa, masukkan gula pasir secara bertahap. Kocok sampai kental berjejak.
2. Turunkan kecepatan mikser sampai yang terendah, masukkan minyak sayur secara bertahap. Masukkan vanili, masukkan semua bahan kering (tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk kayu manis). Setelah tercampur matikan mikser.
3. Masukkan wortel parut, aduk dengan spatula sampai tercampur rata.
4. Tuang ke loyang (saya pakai loyang bulat diameter 18 tinggi 7) yang telah disemir mentega dan di alas kertas roti dan disemir mentega lagi.
5. Panggang sampai matang (di oven Hock no.3 saya pakai suhu 150 derajat dan lama pemanggangan 45 menit).

Tidak ada komentar: