Senin, 25 April 2011

Simnel Cake


Simnel cake is a light fruit cake, similar to a Christmas cake, covered in marzipan, then toasted, and eaten during the Easter period in Great Britain, Ireland and some other countries. A layer of marzipan or almond paste is also baked into the middle of the cake. On the top of the cake, around the edge, are eleven marzipan balls to represent the true disciples of Jesus; Judas is omitted. In some variations Christ is also represented, by a ball placed at the centre.

Begitu yang tertulis di wikipedia saat aku mulai googling cari-cari resep buat ngerayain paskah di rumah. Aku sendiri belum pernah makan dan baru dengar ada simnel cake. Resep aslinya ada di sini kalau ada yang berminat. Tapi aku lebih suka modifikasi sendiri aja, pake resep dasar simple marmer pound cake Fatmah Bahalwan saja. 

O  ya, rasanya bagaimana ya..enak kalau menurutku. Sayang aku pakai margarine, lain kali aku mau coba pakai butter saja. Juga jangan lupa pilih buah kering yang kualitasnya bagus. Yang aku pakai ini udah kelamaan di kulkas jadinya sempat aku rendam rhum dulu semalaman. 

Kalo mau resep aslinya sila cek di BBC ya di sini.  atau di sini.

Ini resepnya:
Bahan:
150 gr   mentega
100 gr   gula pasir
3 btr      telur utuh
1 btr      kuning telur
150 gr   tepung terigu
1 sdt     baking powder
1 sdt     bumbu spekuk
100 gr  buah buahan kering

Cara membuatnya:
  1. Campur tepung terigu, bumbu spekuk dan baking powder, ayak, sisihkan.
  2. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula pasir perlahan sambil terus dikocok sampai mengembang pucat.
  3. Masukkan telur satu persatu, sambil tetap dikocok. Kecilkan kecepatan mikser, tuang terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk rata. 
  4. Masukkan buah-buahan kering, aduk rata. 
  5. Tuang ke loyang, panggang dengan suhu 150 derajat sampai matang
Selamat mencoba dan SELAMAT PASKAH !

Tidak ada komentar: