Senin, 19 November 2012

Buku Resep (Masakan Ikan)

Sejak kecil masakan ikan jarang ada di meja makan atau tepatnya kurang beragam. Jenis ikan laut yang sering dibeli ibu seringkali sudah diasinkan. Mungkin karena aku dulu tinggal bukan di dekat laut jadi sulit buat dapat ikan segar ya. Kalau jenis ikan tawar, waktu kecil aku suka lele, bandeng, udang tambak, wader kecil-kecil yang digoreng balur tepung. Gurame kadang juga tersaji, tapi jarang. Jaman dulu kayaknya masih mahal itu. Masakan dari bandeng kebanyakan sudah bentuk presto. Hampir tak pernah makan bandeng segar.

Nah, saat sudah menikah dan tinggal di perumahan di wilayah Tangerang Selatan, macam-macam ikan laut segar bisa aku dapatkan mudah. Ada lapak penjual ikan segar di pasar-pasar kaget di tiap-tiap blok. Aku jadi sering masak ikan-ikanan, baik yang jenis ikan laut maupun ikan air tawar. Apalagi suami dan anak-anak suka.

Karena jarang makan ikan-ikanan, ragam masakan ikan pun aku jadi tak begitu paham. Tapi ya karena demi keluarga aku jadi niat belajar. Bahkan beli buku-buku resepnya. Salah satunya terbitan Demedia berjudul Aneka Masakan Ikan Nusantara dari serial Cita Rasa Nusantara. Begini penampakan sampul muka bukunya:


Dari buku itu aku sudah coba beberapa resepnya. Enak-enak semua lho. Ada 23 resep masakan dari berbagai daerah, misalnya saja dari Bengkulu, Palembang, Atjeh, Riau, Banjarmasin, Jakarta, Bali, Maluku, dll.

Jenis ikan yang digunakan ikan laut dan ikan tawar. Buku ini disusun oleh tim Dapur DeMedia yang aku tak tahu siapa saja mereka. Tapi dari jumlah buku yang tercetak - entah berapa jumlahnya tiap kali cetak, tapi buku ini sudah cetak ulang sebanyak sembilan kali - buku ini nampak sangat diminati masyarakat. Yang aku beli ini adalah cetakan ke sembilan (tahun 2009) dengan stempel Best Seller di sampul muka tertera jelas.

Aku bukan penjual buku masakan, tapi sudah pernah coba beberapa resep masakannya. Aku merekomendasikan buku ini bagi siapa saja yang mau masak ikan. Apalagi buat yang tahap pemula (dalam masak ikan) seperti aku yang inginnya praktis tapi bisa terjamin jadi dan enak disantap. Pas lah..:)

1 komentar:

Moh Marzuqi mengatakan...

terima kasih banyak atas informasinya

salam dari donat kentang