Minggu, 21 Oktober 2012

Pangsit Rebus


Cuaca lagi gak jelas bikin anak-anak radang, batuk dan pilek. Bingung mau kasih makan apa. Biasanya sayur plus lauk goreng-goreng. Tapi ini sebisa mungkin hindari menggoreng. Teman bilang, bikin pangsit rebus pasti nikmat tuh..Ya, kenapa tidak?

Tapi, tapi, tapi..aku kan belum pernah bikin pangsit baik yang goreng maupun yang rebus. Selama ini nunggu Pak Santo, pedagang bakmi ayam keliling. Kadang kalau beruntung, sampai depan rumah masih ada pangsit rebus. Soalnya suka bikin sedikit. Dia bilang kalau banyak nggak habis, lhah tapi kalau sedikit seringnya aku nggak kebagian. Pernah sekali tempo aku telpon dia pesen supaya disisain pangsit, eh, udah habis juga :(

Mungkin ini saatnya aku belajar bikin sendiri. Mulailah googling dan buka-buka buku resep. Ternyata macam-macam versinya. Untuk merekatkan daging ayam dan udang ada yang pakai terigu, ada yang pakai putih telur, ato maizena. Saking bingungnya aku pakai putih telur dan maizena sekalian.

Setelah nguplek di dapur - sampai mengorbankan film siang favoritku - jadi juga si pangsit rebus seperti tampilan di foto itu. Lumayan kan? Anak-anakku suka lo :)

Nah, ini resep versiku:

Bahan :
1. Campur jadi satu:
Daging ayam giling
Daging udang giling
Daun Bawang, iris halus
Bawang putih, iris, haluskan
Tepung Maizena
Putih telur
Garam
Merica
Minyak wijen

2. Sawi Cai Sim
3. Kulit pangsit
4. Kaldu ayam (bumbu: bawang putih keprek, irisan kasar daun bawang, merica, dan garam)

Cara:
1. Bungkus campuran daging giling dengan kulit pangsit (aku masih belum bisa bungkus rapi, jadi nggak bisa kasih rekomendasi, pokoknya bayangkan pangsit yang biasa dibeli aja deh :P )

Ini hasil bungkusanku - nggak rapi dan terlalu banyak isiannya :P



2. Rebus air, setelah mendidih masukkan pangsit, hingga warna berubah agak bening. Jangan terlalu lama, nanti kulitnya lembek dan lengket. Tiriskan.

Ini saat pangsit-pangsit dalam panci:



3. Panaskan kaldu ayam yang sudah dibumbui, masukkan irisan kasar  sawi Cai Sim dan pangsit sebentar saja. Angkat, hidangkan.

Tidak ada komentar: