Selasa, 02 September 2008

Anggota Baru


Cukup lama saya tidak posting blog. Tanggal 18 Agustus 2008 kemarin anak kedua saya lahir. Kalau dilihat dari waktu persalinan sebenarnya cepat sekali. Pagi sekitar jam 10 kami ke rumah sakit ternyata sudah bukaan 3, jam 12.58 anak saya lahir. Prosesnya cuman sekitar 3 jam. Tapi sakitnya minta ampun! Beda sekali dengan anak pertama. Dulu ketika anak pertama lahir saya sama sekali nggak menjerit atau merasa sangat kesakitan. Wong ya cuma mulas-mulas kayak menstruasi bulanan itu kok. Pas mengejan juga cuma butuh tiga kali lantas keluarlah si jabang bayi. Lha yang kedua ini, aduuuh...saya sungguh tidak sopan di ruang bersalin. Saya teriak-teriak semaunya, lantas susternya juga saya teriakin, tangan dokternya saya pegangin. Pokoknya luar biasa tidak sopan saya. Tapi sesudah lahir, aduuh..leganya. Hilang sudah semua rasa sakit tadi. Saya juga lantas minta maaf sama susternya. Wis, pokoknya saya berusaha baik-baik sama semua suster dan perawat yang sudah bantu persalinan.

Tapi anehnya, beda dengan anak pertama yang proses pemulihannya lama, yang ini cepet sekali. Dulu saya mau pipis aja sakitnya minta ampun. Lantas malamnya saya susah sekali mau balikin badan. Mesti minta tolong suami dulu. Pas duduk juga sakit banget. Nah, yang kali ini saya langsung bisa ngapa-ngapain. Mandi sendiri juga nyaman, jalan juga enak, tidur juga biasa aja. Teman-teman yang nengokin juga pada bilang wajahnya seger. Malah ada yang bilang kayak habis liburan, terus ada juga yang bilang wajah jadi bersih, dia bikin kesimpulan sendiri kalau ngelahirin itu detoks, jadi wajah saya jadi bersih.

Yah, apapun itu, tapi memang saya bersyukur karena pemulihan sesudah ngelahirin kali ini cepet sekali. Ya bagaimana lagi, wong saya perlu tenaga saya buat di rumah. Ngurus bayi plus anak balita repot juga. Ada sih yang bantu-bantu, tapi pulang hari - maksudnya ya cuma cuci gosok beres-beres rumah, kalo udah selesai ya pulang dia - paling cuman 2-3 jam kerja, datang jam 6 selesai sekitar jam 8.30.

Begitulah, keseharian saya sungguh luar biasa sebenarnya. Nyaris tak ada jeda. Jadi mau posting blog juga rada-rada repot. Udah lama sih pengen posting, tapi waktunya itu lo. Saat paling genting itu ya pagi. Habis gimana, si kakak masuk jam 7 pagi. Jam 5 dia harus bangun buat minum obat, habis itu boleh lah tidur lagi paling setengah jam. Sesudah itu biasanya dia nonton sponge bob, sementara saya berepot-repot ria di dapur ngrebus air buat bikin kopi-teh sama buat mandi. Juga nyiapin sarapan sama bekal sekolah. Nah, kalo pas si bayi masih tidur sih semuanya aman-aman saja. Tapi kalo pas lagi tengah-tengahnya berepot-repot tadi lantas si adik bangun? wah...gagal total segala cerita. Kadang, si kakak saya buru-buru mandi mumpung adik belum bangun. Juga pas sarapan saya buru-buru juga. Kalo sarapan sih sebenarnya dia juga bisa sendiri, tapi kalo mandi rada-rada repot. Perlu dua tangan buat nuang air panas, terus mandiin, ngeringin pake handuk (kalo sendiri suka bagian belakang masih basah), terus makein seragam. Waktu pagi memang saat berjibaku.

Sesudah si kakak pergi sekitar jam 6.30 pake jemputan, agak lega lah saya. Kalo si bayi belum bangun saya buru-buru mandi, tapi kalo udah bangun ya udahlah, saya kasih asi terus jemur lantas mandiin. Abis mandiin biasanya dia tidur lagi. Cuman ya akhir-akhir ini rada susah tidurnya. Kalo pas dia bisa tidur ya saya baru bisa mandi. Tapi kalo sampe siang belum juga ya saya tarok aja di boks lantas saya mandi sambil buka pintu sembari ngawasin bayi. Sarapan jadi rada susah memang kalo udah begini. Makanya saya selalu sedia roti dan kue yang gampang dilahap pokoke buat ganjal perut.

Siang hari suka gak tentu, kadang saya beruntung si bayi bisa tidur lama tapi kadang juga tidur cuma sebentar. Saya sekarang lebih suka kasih asi sambil tiduran, soalnya bisa sambil nyolong tidur juga. Anak saya juga kayaknya lebih suka daripada di kasih asi sambil di pangku lantas ketiduran tapi kalo udah dipindah di ranjang jadinya kebangun. Ada teman yang kasih saran ditidurin tengkurap lebih pulas. Memang sih, kakaknya dulu juga begitu, tapi yang ini kok sami mawon. Baru ditinggal sebentar eh, kebangun lagi.

Akhir-akhir ini memang rada menjengkelkan. Baru ditarok di tempat tidur, eh ditinggal sebentar udah ngek lagi. Biasanya karena dia kaget dengan gerakan tangan dia sendiri. Lha ya itu tadi, sebenarnya kalo ditengkurapin sih lebih nyaman karena gak akan kaget-kaget, tapi kok ya ini kebangun juga. Dibedong sebenarnya ngurangin kagetannya soalnya kan tangannya dibebat abis. Tapi kok ya kasihan, mosok siang-siang dibedong. Apalagi sekarang panasnya minta ampun. Suka bingung jadinya.

Sore seharusnya ya mirip sama pagi, habis mandi dikasih asi terus bobo. Tapi kok ya ini enggak. Sebabnya ya karena itu, suka kagetan dan suka kebangun-bangun. Jadinya...cape deh...
Sudah beberapa hari ini saya mandi malem terus. Ya habisnya gimana, nunggu sampe dia tidur. Ato kalo pas gak rewel ya saya tarok di boks terus saya mandi. Tapi ini tadi rewelnya minta ampun. Baru tidur sekitar jam 7, saya tinggal mandi, eh, dia kebangun lagi. Baru benar-benar tidur jam 8. Ya sudahlah. Saya terima aja.

En sekarang saya sedang mood buat posting. Ya akhirnya saya nulis cerita ini.

Tidak ada komentar: