Rabu, 03 September 2008

Pemulihan pasca melahirkan

Di posting sebelumnya saya tulis kalau pemulihan pasca melahirkan anak kedua lebih cepat dibanding anak pertama. Memang begitu adanya, entah kenapa saya juga heran. Waktu melahirkan anak pertama prosesnya mudah tapi sesudahnya saya masih kesakitan sampai sekitar satu bulan. Macam-macam aja. Pipis sakit, mau pup apalagi. Jahitannya kerasa banget sakitnya. Terus susah juga duduk, sakit banget kalo buat duduk. Pendarahan juga masih terus sampai satu bulan, kayak mens gak selesai-selesai.

Nah, kalo yang anak kedua ini, prosesnya sakit tapi sesudahnya enak banget. Bahkan saya mandi sendiri. Pipis sama pup juga gak masalah. Jalan-jalan juga enak. Hari pertama kedua memang masih rada bongkok-bongkok sampai anak saya bilang "Ibu kayak nenek-nenek jalannya". Tapi selebihnya sih gak masalah. Hari ketiga apalagi. Saya sudah segar. Pembantu tetangga juga bilang ini habis melahirkan kok jalannya cepet banget. Dia sibuk kasih nasehat, suruh jalan pelan-pelan dulu. Katanya dalam perutnya masih borok, jadi hati-hati, di luarnya gak papa tapi di dalamnya masih kacau. Ya saya jawab aja terima kasih, saya baik-baik saja.


Di samping berkat Tuhan atas pemulihan yang cepet ini, saya minum jamu Habis Bersalin dari Ny. Meneer. Ini saya tampilin foto kardusnya. Jamunya sebenarnya macam-macam, tapi yang saya minum cuma yang buat dalam aja.


Ada 5 bungkus, masing-masing untuk satu minggu. Jadi tiap satu minggu ganti jamu. Diminum dua kali sehari pagi sore, masing-masing dua sendok teh, kasih gula pasir, lantas seduh pakai air panas sekitar 100cc. Ramuan yang lain macam-macam, salah satunya parem buat ngilangin tapi saya malas pakainya, meski fungsinya bagus buat ngilangin pegel-pegel yang memang masih saya rasakan sampai sekarang dan makin tambah pegel karena gendong bayi sepanjang hari. Pakai parem repot dan jorok kesannya karena kalau dipakai nyiprat-nyiprat kemana-mana. Mesti dialasi kain lagi, repot. Mending saya pakai voltaren, praktis.

Lantas teman saya juga ngasih tahu kalau saya harus mandi pakai rebusan daun sirih, daun sembung, sama serai. Daun sirih sama daun sembungnya dia kirimin karena kebetulan dia tanam di rumahnya. Tapi serainya saya beli sendiri dari tukang sayur. Baunya harum kalau udah mendidih. Di foto ini saya jejer urutannya, daun sirih (kebetulan yang dikasih ini sirih bangkok, lebih kecil dari sirih biasa, warnanya juga lebih terang kalau yang sirih biasa itu kan hijau tua kalau yang ini hijau muda cenderung kuning), serai, lantas yang terakhir itu daun sembung, bergerigi dan berbulu. Saya rebus daun sirihnya sebatang-batangnya, lantas serai cukup 4 atau 5 batang, terus ditambah daun sembung 4 atau 5 helai juga.



Entah, apa dua ramuan tadi benar-benar mujarab, tapi saya memang merasa fit meski ada rasa pegal-pegal di badan. Ngantuk jelas, tapi saya merasa biasa saja. Ya memang bisa tidur sejenak dan itu rasanya sudah cukup. Tidur sepuluh menit saja bikin saya mimpi macam-macam. Bangun juga rasanya sudah seger. Jadi memang tidur berkualitas itu tak perlu lama sampai berjam-jam. Malah pernah saya tidur satu jam lebih eh..bangun-bangun malah lemes. Sekarang baru lelap sebentar mesti siap bangun kalau denger suara anak. Beneran lo, saya jadi sensitif denger suara. Padahal dulu kalau udah tidur ya bisa lelap banget. Sekarang begitu kedenger suara anak bangun ya harus siap bangun.

Barangkali memang saya disiapkan begitu sama Tuhan, soalnya saya cuma sendirian di rumah. Suami sering pergi kerja dan kadang mesti nginap selama beberapa hari. Ada yang bantu cuma kalau pagi. Sore dia repot jadi cuma datang dua hari sekali. Sendiri dengan dua anak bayi dan balita cukup bikin pening kalau tidak sabar. Makanya saya terima saja kalau anak-anak sedang rewel dua-duanya atau si sulung sedang bandel. Kalau tidak begitu, wah makin berat saja rasanya. Sekarang sih saya nikmati saja semuanya. Toh, bisa juga meskipun badan pegel dan kalau pas gigi lagi kumat nyut-nyut..aduh..

Tapi saya tetap yakin saya mampu. Toh, jaman dulu banyak juga ibu-ibu yang beranak banyak dan ngurus semuanya sendiri. Sekarangpun saya yakin masih juga ada. Jadi saya juga harus bisa. Apalagi dengan kerja di rumah kok saya merasa lebih berguna dan lebih dibutuhkan ketimbang kerjaan di kantor. Saya jadi bingung. Pengen di rumah tapi ya pemasukan kurang, di samping itu saya kok nggak tega ngasih anak ke orang lain. Saya selalu menikmati saat-saat mengurus bayi. Nggendong pas nangis, nidurin, ganti popok kalau pipis, bersihin pupup yang baunya sudah makin saya kenal...Saat-saat nyusuin juga menyenangkan buat saya. Merasakan dia mencecap air susu saya dengan lahap dan kayaknya kok seger sekali.

Semuanya saya nikmati..saya katakan inilah saat-saat indah dalam hidup saya.

Tidak ada komentar: