Jumat, 11 Juni 2010

Crazy Cup Cake di NCC Matraman


Penasaran pengen tahu bagaimana menghias cupcake. Aku putuskan ikutan aja kursus crazy cupcake di NCC Matraman Minggu 6 Juni lalu. Padahal kemarinnya abis kena macet luar biasa di Bintaro gara-gara tol BSD kebanjiran. Tapi ya demi kursus, aku bela-belain biarpun kaki masih pegel aku ke Matraman.

Tempat kursus adalah markas pusat NCC. Ini kediaman pasangan Fatmah Bahlawan dan Wisnumartono, keduanya pendiri NCC. Rumahnya sederhana namun luas. Kami kursus di ruang tengah. Ada delapan orang peserta. Pengajarnya Uni Dewi Anwar. Ada dua resep yang didemokan: vanilla cup cake dan chocolate cup cake.

Yang pertama adalah jenis butter cake, yang pertama dilakukan adalah mengocok mentega, gula, dan vanila kemudian baru telur. Cara pengocokannya dari kecepatan rendah kemudian bertahap ke tinggi. Nah, kalau yang kedua itu jenis sponge cake, yang dikocok pertam adalah telur, gula pasir, emulsifier, dan garam. Mengocoknya bisa langsung dengan kecepatan tinggi. Aku bengong liat Prita, asisten yang mengocok adonan. Cuepetnya itu lho, dan bisa langsung berjambul petruk. Setelah itu baru masukkan tepung terigu, coklat bubuk, dan vanili yang diayak. Chocolate cup cake bisa dikukus atau dipanggang.

Berikutnya adalah menghias cup cake. Setelah uni Dewi demo dengan macam-macam bahan, kami rehat dulu makan siang kemudian saatnya kami praktik sendiri. Ini contoh dari uni Dewi:


Masing-masing diberi enam cup cake. Tiga vanilla cup cake dan tiga chocolate cup. Nah..ini hasil aku berkreasi:

Ternyata bikin swirl itu nggak gampang he, liat aja punyaku mleyot-mleyot. Tapi ya gak papa, lah. Setidaknya ini tahap yang harus aku lalui dulu sebelum bener-bener bisa :)

1 komentar:

meinekueche mengatakan...

halo mbaa...ak tertarik ni sama kursus ini...sedangkan ak sama sekali gag bs baking,bener2 blm pernah bersentuhan deh,,,kira2 pemula spt aku bisa ga ya mudheng bikin cupcake..?