Jumat, 11 Juni 2010

Spekulas Crispy Cookies


Ini hasil uji coba resep pak Sahak yang diposting di milis NCC 8 Juni lalu. Aku coba 9 Juni, langsung keesokan harinya. Kenapa semangat sekali? Soalnya pakai bumbu spekuk. Pasti enak.

Nah, setelah aku coba memang bener, enak banget. Cuma aku panggangnya kelamaan kali ya. Jadi separoh gosong, alias gak kemakan. Atau barangkali juga karena aku pakai loyangnya terlalu ceper. Aku pakai yang ada di oven Hock. Lain kali aku mau beli loyang yang khusus buat kue kering ah, barangkali memengaruhi.

Ini resepnya:

Bahan A
150 gram margarin
50 gram butter
160 gram gula palm
1 1/2 sdt spekok
1/2 sdt garam

Bahan B
50 gram susu evaporated (aku pakai susu dancow bubuk yang aku cairin)

Bahan C
350 tepung segitiga
30 susu bubuk
100 gram almond bubuk (aku pakai almond yang aku cincang rada halus)
½ sdt soda kue
1 sdt baking powder

Cara membuat :
1.Bahan A dikocok hingga mengembang (kurang lebih 4 menit )
2.Lalu masukan bahan B kocok kembali hingga rata.
3.Masukan bahan C aduk rata.
4.Kemudian roll tipis kuran lebih 3 – 5 mm(roll bermotif lebih cantik).Potong dengan ukuran 7X3 (aku gak punya rol bermotif, tapi pakai imprint mat)
5.Susun di loyang
6.Panggang dengan suhu 150 derajat selama 25 – 30 menit atau sampai matang.

O ya, menurutku kalau ditambah bubuk jahe lebih enak. Pas aku tanyakan via email ke Pak Sahak, beliau bilang boleh saja ditambah bubuk jahe, ukurannya 1 sendok teh. Ok deh, Pak lain kali aku bikin pakai bubuk jahe. Terima kasih, Pak Sahak!

Tidak ada komentar: