Senin, 01 November 2010

Prol Tape Kenari


Ini bisa aku sebut Prol Tape Kenari-Perjuangan. Ceritanya begini ni:

Nggak tahu kenapa akhir-akhir ini aku kayak orang ngidam. Kepengeeeeennn banget makan prol tape, barangkali karena tiap pagi si mas yang jualan tape itu provokasi terus, "Peeee....tapeeee..." Biasanya beli cuma dimakan begitu aja, si sulung suka banget soalnya. Nah, setelah blogwalking nemu juga resep prol tape di my-sweet-little-warm-kitchen. Aku perhatikan kok kelihatannya gampang, tapi agak curiga pas lihat jumlah mentega yang dipakai - 500 gram!

Tapi karena pemilik blog menulis bahwa sumber resep dari Tabloid Saji yang notabene aku percaya, terus dia bilang sudah me-resize dan memodifikasi plus ada foto hasil akhir yang menggiurkan, ya aku jadi penasaran.

Pas aku coba benerlah..setelah dilelahkan menteganya jadinya banyak banget. Terus pas dituang ke adonan menurutku kok terlalu encer jadinya. Aku stop sebelum semuanya tertuang. Jadinya aku pakai kira-kira 3/4 nya aja.

Naa...pas dipanggang, mentega kembali mencair dan meleleh melalui sela-sela loyang, menetes ke dasar oven dan menetes lagi keluar ke sela-sela sudut-sudut oven sampai belepotan di sekitar kompor. Lelehan di dasar oven terkena panas dan menguap jadi asap yang lumayan bikin aku panik. Sekitar 20 menit buru-buru aku matikan kompor, dan aku keluarkan kuenya. Cairan mentega nampak di permukaan kue yang entah sudah mateng ato belum. Stres dah...:(

Ya udah aku tinggal tidur aja, lagian udah malam mesti nemenin si kecil bobo. Wis..aku gak mau mikirin lagi, entah besok kayak gimana tuh kue. Mana pas suami ada di rumah lagi, kalau buang segitu banyak aduuuh...nanti komentar apa itu beliau..hiks hiks..

Eeehh..pas paginya aku bangun, cairan mentega di permukaan kue sudah lenyap, barangkali dia sudah mengeras. Di sekitar loyang nampak lelehan mentega yang sudah mengeras. Pas aku pencet pakai jari ternyata kue sudah keras. Hadoooh..semoga ya semoga..Permukaan kue terus aku oles pakai kuning telur kemudian aku taburi keju sambil berharap semoga kue-nya masih bisa "diselamatkan", terus aku oven lagi sekitar sepuluh menit.

Pas aku angkat..sepertinya ya baik-baik aja tuh kue. Aku dinginkan sebentar terus aku kupas kertas roti dan aku dinginkan di rak kue tanpa dibalik. Daaaann....setelah aku potong dan icipi..hiaaaaaa...ternyata enak saudara-saudara.... :D Puji Tuhan banget dah...Jadinya itu kue bisa kemakan, anakku doyan, suami juga mau. Lega nian hati ini. Bener-bener prol tape perjuangan...:D

Ini resepnya asli dari blog my-sweet-little-warm kitchen yang aku copy-paste: 

PROL TAPE KEJU ALMOND
sumber: tabloid Saji

Bahan:
300 gr tape singkong --- aku pakai 250 gram
100 gr gula pasir
100 gr terigu
3 butir telur, kocok lepas
100 ml krim kental (resep asli pake santan) --- aku pakai santan kental
500 gr margarin, dilelehkan --- aku pakai 3/4 nya dan menurutku kebanyakan, barangkali 250 gram cukup 
50 gram keju parut
1/4 sendok teh garam

Bahan olesan: (aduk rata)
1 kuning telur
2 sdt krim kental (resep asli gak pake) --- aku gak pakai
1/4 sendok teh garam

Bahan taburan:
20 gr almond cincang (resep asli pake kenari) --- aku pakai kenari

Cara membuat :
1.Remas-remas tape singkong dan gula pasir sampai gula hancur.
2.Tambahkan tepung terigu. Aduk rata.
3.Masukkan telur, krim kental (aku pakai santan), margarin dan garam. Aduk rata. (aku masukkan parutan keju di tahap ini)
4.Tuang ke loyang 10x30x4 cm (aku pakai 20x20x4 cm) yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
5.Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius sampai setengah matang --- aku hanya panggang sekitar 20 menit seperti sudah aku tulis di atas kemudian aku diamkan semalam sambil menunggu mentega mengeras baru ke tahap berikutnya.
6.Oles dengan bahan olesan. Taburi almond (aku pakai kenari). Oven lagi 30 menit sampai matang --- aku hanya 10 menit.


2 komentar:

keluarga dodod mengatakan...

mba...tertarik lihat foto prolnya...kayaknya mantap...:)

btw u mentega kalo aku baca diresep2 lain kok cuman 50 gr ya mb??atau mungkin yang bikin blog kepencet 0 satu lagi jadi 500 gr...??

Tata mengatakan...

Terima kasih sudah mampir. Soal mentega itu betul Anda. Sudah baca cerita di atas kan? Pemilik resep mengaku salah ketik. Saya yang ketiban pulung. Jika ingin coba resepnya silakan tapi kurangi menteganya ya, jangan kayak saya. Dijamin rasanya makin mak nyus..:)