Minggu, 07 November 2010

Simple Marmer Pound Cake


Bukannya gak prihatin sama bencana Merapi meletus, tapi mentega Orchid ku sudah nyaris kadaluarsa dan harus segera dipakai. Jadinya pagi ini tetep bikin kue buat sarapan di Minggu pagi. Alasan lainnya karena pengen nyoba resep di buku 60 Resep Cake & Cookies Antigagal terbitan NCC serta tergiur posting uji coba resep ini di blog Radissa Cake & Catering. 

Di posting tentang simple marmer pound cake, Citra, si pemilik blog bilang kalau hasil akhir kue ini legit dan lembut. Duh, jadi pengen nyoba. Apalagi memang benar kata Citra, ini kue masa lalu. Kalau dia bilang ingat kue bikinan Mbah Uti, kalau aku bilang ingat kue bikinan ibuku.

O ya, menurut Citra, cake ini disebut Pound Cake karena resep aslinya terdiri dari 1 pound terigu, 1 pound butter, 1 pound gula dan 1 pound telur. 1 pound itu sekitar 454 gram atau hampir setengah kilo. Kalau mau cerita lengkapnya di wikipedia bisa klik di sini. 

Daaan...setelah aku uji coba, hasilnya beneran legit dan lembut. Uenak tenan. Jadi nostalgia inget masa-masa ibu bikin kue seperti ini, diunter-unter coklatnya biar bentuk marmer di permukaan adonan. Baunya juga...hmm..semerbak mewangi khas gitu. Bedanya ya di loyang. Jaman dulu loyang ibuku adalah loyang bundar yang bolong tengahnya.

Ini resepnya, aku copy paste dari blog Radissa Cake & Catering, resep ini ada juga di buku 60 Resep Cake & Cookies Antigagal hal. 26:

Simple Marmer Pound Cake
Bahan:
150 gr   mentega
100 gr   gula pasir
3 btr      telur utuh
1 btr      kuning telur
150 gr   tepung terigu
1 sdt     baking powder
1 sdt     coklat bubuk

Cara membuatnya:
  1. Campur tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
  2. Kocok mentega hingga lembut, masukkan gula pasir perlahan sambil terus dikocok sampai mengembang pucat.
  3. Masukkan telur satu persatu, sambil tetap dikocok. Kecilkan kecepatan mikser, tuang terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk rata.
  4. Sisihkan 2 sdm adonan, beri coklat bubuk, aduk rata. Tuang sisa adonan putih kedalam
  5. Loyang loaf 22x10cm, beri adonan coklat secara acak, kacau dengan sumpit hingga membentuk motif marmer.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180’C, selama lk. 40 menit atau hingga matang.

Tidak ada komentar: