Selasa, 17 Agustus 2010

Birthday Cake for Putri


Yippe! Akhirnya cita-citaku terkabul, bikin kue ulang tahun buat anakku. Yang pertama kue ulang tahun buat Putri. Hari ini dia ulang tahun yang kedua. Berhari-hari mikir base cakenya apa ya? Yang jelas, Putri suka sekali sama coklat. Tapi kalo coklat semua kan kurang meriah buat kue ultah anak-anak.

Akhirnya pilihan jatuh pada devil-cake, ini nyoklat banget soalnya. Juga pakai youghurt. Hampir tiap hari dia minum youghurt. Buat aksesori aku cetakin coklat smiley, ini ikon kesukaan dia juga. Di komputer dia selalu nunjuk-nunjuk ikon smiley, terus kalo pas jalan-jalan liat ikon smiley juga teriak-teriak. Aksesori lain bunga-bunga, lha wong namanya juga anak perempuan. Putri suka dikuncir rambutnya terus dipasang jepit bunga-bunga, atau ya cuma dijepit gitu aja kalo pas gak bisa diem.

Naaah..biar meriah lagi, kuenya ditaburi trimit bintang-bintang, maksudnya pas di hari ulang tahunnya ini ada berjuta harapan dan doa dipanjatkan buat Putri, biar dia jadi anak pintar, cerdas, mandiri, dan baik budi pekertinya. Pokoknya yang baik-baik lah :)

Resep devil cake nya ngambil dari buku resep Saji judulnya Cake Cokelat Populer dengan sedikit modifikasi.
Bahan:
200 gram margarin
150 gram gula pasir halus
75 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
4 butir telur
175 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
25 gram cokelat bubuk
60 ml susu cair hangat, dilarutkan --- aku pakai youghurt plain

Bahan topping:
100 ml susu cair
200 gram  cokelat masak pekat, dipotong-potong

Cara membuat:
1. Cake: kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan cokelat masak pekat leleh. Kocok rata.
2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
3. Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan larutan cokelat bubuk. 

--- pada bagian ini semua tepung-tepungan aku jadikan satu, jadi youghurt dimasukkan sendiri tidak dilarutkan bersama cokelat bubuk. Youghurt dimasukkan bergantian sama tepung-tepungan.
4. Tuang di loyang diameter 22 cm dan tinggi 4 cm yang dioles margarin dan di alas kertas roti --- aku pakai diameter 18 cm tinggi 7 cm
5. Oven 40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.
6. Topping: panaskan susu cair. Matikan api. Masukkan cokelat masak pekat potong-potong. Aduk sampai cokelat larut. Siram di atas cake. Dinginkan.

Tidak ada komentar: