Selasa, 31 Agustus 2010

Gathering NCC Food Photography


Sabtu, 28 Agustus aku ikutan gathering NCC-Food Photography di Eat & Eat, Gandaria City, Jakarta Selatan. Acaranya sekalian buka bersama, jadi diadakan sore pukul 16.30, begitu tertulis di email. Nyatanya, aku datang terlalu awal. Masih sepi. Untung aku ajak Bintang, anakku, jadinya ada teman ngobrol, jajan es krim dulu.

Sekitar pukul 17.00 barulah anggota lain berdatangan. Beberapa dari mereka aku tahu namanya dari milis dan blogwalking, ada Riri pemilik blog Kuwenya Riri, ada Widya pemilik blog Widya Cakes, ada Citra pemilik blog Radissa Cake & Catering, juga Riana Ambarsari pemilik blog Pennylane Kitchen. Dari pembicaraan yang aku tangkap di milis, mereka ini termasuk para selebriti-nya NCC - Natural Cooking Club. Ini klub yang membahas soal masakan dan makanan yang aku ikuti sejak awal tahun 2010 ini melalui internet. Mereka memiliki milis yang sangat aktif. Wisnumartono, moderator sekaligus pendiri milis ini pada 27 Agustus lalu bilang kalau anggotanya mencapai angka 9000. Lima bulan lagi, bertepatan dengan ulang tahun NCC, Wisnu bilang berharap jumlah keanggotaan bisa mencapai angka 10.000.

NCC Food Photography adalah salah satu kegiatan NCC. Sesuai namanya ia membahas soal fotografi makanan. Selain menyelenggarakan kursus masak, NCC juga mendorong agar para anggotanya berjualan lewat internet dengan membuat blog. Nah, untuk membangun blog yang menarik dan menjual perlu foto-foto yang menunjang. NCC Food Photography Club (NCC-FPC) membantu anggota NCC di bagian ini. Pada kursus food fotografi, Riana Ambarsari adalah pengajarnya.

Aku sendiri meski sudah pernah ikut kursus membuat cupcake di NCC, tapi belum pernah ikut kursus food fotografi. Namun sudah "berteman" dengan NCC-FPC di jejaring facebook. Melalui jejaring ini aku tahu ada informasi apa dari NCC-FPC. Bulan Mei lalu misalnya, saat mereka menyelenggarakan event berkala, aku pernah ikut sumbang foto. Kali ini temanya sarapan pagi dengan prop minimalis. Biarpun tak dipilih juri, tapi senang aja partisipasi.

Kali ini, di luar dugaan. Salah satu foto yang aku bawa di gathering NCC-FPC ini dipilih oleh Toni Wahid, fotografer makanan yang terkenal itu. Ia tamu khusus yang diundang untuk berbicara soal food fotografi di sela-sela buka bersama. Waah..gak nyangka sama sekali. Dari rumah udah minder duluan, bayangin pasti foto-foto lain bagus-bagus, bahkan udah sempat kepikir untuk gak usah datang aja. Pas di sana juga kamera yang aku bawa tampak butut. Yang lainnya pada bawa Canon EOS dengan lensa tele. Duuhh..sementara kameraku Kodak Easy Share Z730 yang dibeli tahun 2004. Pas Toni nerangin soal kamera, ia bahkan nyeletuk ke aku, "...ya mbak Tata ya, beli dong kamera yang seperti ini, minta sama suaminya ganti kamera.."  waaa...iya iya aja lah mas :)

Tapi ya tak disangka, foto spekulas crispy-nya pak Sahak Pribadi yang kujepret bulan Juni lalu dengan kamera butut itu dipilih. Sore itu ada tiga foto pilihan, dua lainnya adalah hasil jepretan Canon EOS. Masing-masing mendapat hadiah berupa pigura cantik. Lucu juga :)

Nah, ini penampakan foto pilihan dan hadiahnya..senangnya, terima kasih buat Toni Wahid, Riana Ambarsari, Widya Hidayat, Citra, dan teman-teman NCC-FPC lainnya. O ya, terima kasih juga buat pak Sahak Pribadi atas resepnya..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Aaah, terimakasih mengabadikan event ini, Tata.. *hug*

Tata mengatakan...

Riana, terima kasih untuk mau berkunjung *big-big hug*