Kamis, 05 Agustus 2010

Brownies Keju Pak Sahak


Udah lama naksir resep brownies keju pak Sahak. Pengen nyoba tapi gak punya kukusan yang gede.

Aku coba email pak Sahak bisa tidak brownies kukusnya dipanggang, beliau balas begini:
"Mba Elisabet
Maaf saya sendiri blm pernah mencobanya
Tapi waktu yang lalu ada pertanyaan yg sama
Lalu ada yang jawab bisa.
Tapi masuk akal.
Sebab semua jenis cake yang putih telurnya dicampur langsung bisa dipanggang.
Cuma itu yang saya tau
Kalo mau coba persilahkan.
Semoga berhasil."

Waduh, sepertinya malah memberi tantangan baru. Piye ki? Ya sudahlah, aku coba saja tantangannya. Gak akan pernah tahu kalo belum mencoba kan?

Pertamakali bingung juga karena nggak ada ukuran loyang di resep. Aku coba blogwalking siapa aja yang pernah nyoba resep ini. Ada yang bilang pake loyang bundar diameter 18, lha tapi ndak ada soal tingginya berapa. Aku punya yang tingginya 7. Ada yang bilang pake loyang persegi 20x20x4, lha ukuran ini aku ndak punya. Aku cuma punya loyang brownies 30x10x4, ada juga loyang persegi 22x22x4 tapi setelah aku coba pake metode konversi loyang yang pake perbandingan itu malah jadi bingung sendiri. Mumet.

Aku  putuskan pake loyang brownies aja, aku pikir wong namanya aja brownies ya pasti pake loyang brownies yang standar itu to? Mau modifikasi resep belum berani soale masih tahap coba-coba. Biasanya kalo udah satu ato dua kali praktik barulah berani modif, kalo masih pertama kali aku pake resep dengan ukuran yang plek sama. Ato paling banter ya bikin separuhnya.

Sekitar pukul 21.30 aku mulai tantangan.

Tahap-tahap awal tak ada masalah, melembutkan cream cheese sama butter, mengocok telur dan gula, memasukkan terigu, maizena, baking powder dan susu lancaar..Sekarang saatnya memasukkan ke loyang yang sudah dioles dan dialas kertas roti. Waduh, kok pas banget banget ya? Lihat aja nih, ini penampakan pas baru aku masukkan ke oven:


Ini sekitar 30 menit sesudahnya, adonan naik tapi tak luber, warnanya kuning keemasan dan permukaannya retak.


Beberapa menit kemudian aku coba tes tusuk. Merasa udah matang, aku keluarkan dari oven. Setelah agak dingin, dilepas (tapi tidak dibalik) dan diletakkan di atas rak pendingin. Eeeh..sekitar 10 menit kemudian aku tengok, ternyata kempis..hiks. Ini penampakannya:


Tapi ya sudahlah, mau bagaimana lagi. Ndak sempet ngicipi. Udah jam 23.00. Besok aja lah. Pagi-pagi aku bangun terus nengok brownies..ya tetep aja. Pas aku potong, baru kelihatan kalo di bagian bawah ada kayak bantat gitu. Warnanya lebih gelap. Aku cicip..weee..enak banget. Empuk dan lembuttt...Terus aku coba olesi selai mullberry (ini yang kebetulan ada), waaa...tambah nikmat. Pas banget jadinya. Rasa cream cheese, susu, plus sentuhan asam mullberry..hmmm heaven! Penampakannya ya seperti foto di atas itu. Biar begitu, masih penasaran aku, kayaknya perlu dicoba bikin lagi biar makin sempurna.

O iya, ini resepnya:

Brownies (Kukus)Keju Pak Sahak
Bahan A:
Telur 3 butir
Gula 100 gr
TBM 1 sdm

Bahan B :
Tepung terigu 60 gr
Maizena 20 gr
Garam 1 sdt
Susu bubuk 40 gr

Bahan C :
250 cream cheese
50 gr butter dikocok sampai lembut

Cara membuatnya :
Kocok bahan A sampai mengembang
Masukan bahan B lalu aduk sampai rata.
Kocok bahan C sampai halus kemudian masukan keadonan lalu aduk sampai rata.
Tuang ke loyang lalu kukus kurang lebih 20 menit -- aku memanggang dengan suhu sekitar 130 derajat Celcius (ini karena ovenku emang cepat panas, setiap mencoba resep selalu aku turunkan beberapa derajat di bawahnya, jika ingin mencoba silakan sesuaikan dengan oven masing-masing)

2 komentar:

sasi prasetiyo mengatakan...

mbak minta resepnya, pingin coba nich....kelihatanya enak jadi penasaran, makasih sebelumnya...

Tata mengatakan...

mb Sasi, silakan mbak, emang enak kok, tapi kata teman-teman lebih enak kalau dikukus karena aslinya memang resep brownies kukus :)