Selasa, 08 Maret 2011

Fruit Pie


Kepengen banget bisa bikin fruit pie. Padahal aku sendiri tak terlalu suka. Hanya kalau lihat tampilannya itu kok memang menggiurkan begitu. Baru sekarang coba-coba bikin. Resepnya aku ambil dari kliping resep Kompas Minggu. Sudah lamaaa sekali....sayang gak pakai tahun dan tanggal. Pokoknya ini beberapa bulan setelah menikah.

Setelah bertahun-tahun kos dan hampir tak pernah masak sama sekali, sekarang tiba-tiba diwajibkan masak buat rumah. Akhirnya beli majalah kuliner, beli tabloid kuliner, kliping resep dari mana saja. Sampai sekarang koleksi resep buanyak sekali. Kata suami, "Itu sebenarnya kalau mau cari resep apa saja pasti ada." He..he..bener juga sih, tapi kan dunia kuliner berkembang terus. Jadi ya beli dan beli, lagi dan lagi :D

Nah, kembali ke fruit pie. Dari tampilan foto menggiurkan ya? Setidaknya itu komentar beberapa teman di fesbuk setelah aku unggah gambar di profilku.

Tapi terus terang kenyataannya tidaklah sedemikian indah. Kulit pie nya masih jauh dari rapi. Juga rasa vla nya masih belum terlalu mantap. Aku tadi tak bikin sesuai resep karena kulit pie sudah aku makan beberapa jadi kupikir vla nya tak banyak, jadinya semua bahan aku kurangi takarannya. Alhasil, ya kurang manis dan kurang mantap. Nampaknya perlu latihan lagi.

Ini resep yang aku pakai jika ada yang berminat:

Kulit Pie
Bahan:
200 gram terigu
1/2 sdt garam
2 kuning telur
100 gram margarin (dibekukan)
air es secukupnya

Cara membuat:
-Terigu, garam, kuning telur dicampur, ratakan, taruh margarin di tengahnya, lalu gerakan memotong dengan pisau, sehingga adonan merupakan butiran-butiran sebesar jagung.
-Percikkan air es sesendok demi sesendok ke dalam adonan tersebut sambil diaduk dengan garpu, lalu bulatkan adonan.
-Sediakan cetakan kecil-kecil berombak pinggirnya, pulas margarin, lalu plesterkan adonan pie pada cetakan tersebut.
-Dasarnya ditusuk-tusuk dengan garpu, lalu panggang sampai matang.

Room Vla
Bahan:
250 cc susu
50 gram gula pasir
35 gram terigu
1 kuning telur
1 sdm margarin
sedikit garam

Cara membuat:
Terigu dilarutkan dengan sedikit susu, masukkan kuning telurnya, ratakan.
Sisa susu dimasak sampai mendidih dengan dibubuhi gula, lalu masukkan telur.
Aduk-aduk sampai rata. Terakhir masukkan margarin. Ratakan pula.

Tidak ada komentar: