Selasa, 01 Maret 2011

Birthday Fruit Cake


Ini cake dengan dekorasi buah pertamaku. Kebetulan tante ulang tahun 24 Februari lalu. Sekalian buat latihan. Udah lama kepengen bikin tapi kok belum ada "korban" :P

Hari Minggu, 27 Februari aku ajak anak-anak ke rumah tante di Ciledug sekalian aku bawakan kue ini. Di sana sudah ada sepupu sekeluarga. Kami memang janjian ketemuan. Pesta ultah sederhana pun jadilah. Tiup lilin dan makan-makan.

Kata tanteku, kuenya enak dan segar karena ada buah-buahnya. Puji Tuhan! Senang dapat komplimen seperti itu. Happy birthday Tante, semoga tetap sehat dan bahagia selalu! :D

O ya, base cake-nya pakai sponge cake. Seperti yang kemarin buat ultah anakku, pakai resepnya Shinta Little Kitchen.   (terima kasih lagi ya Shinta :D) Eh, maksud hati sebenarnya untuk pinggirnya itu aku bikin pagar coklat, tapi ternyata jumlahnya gak cukup. Jadilah aku patah-patahin sekalian dan dijadikan mozaik coklat seperti itu :D

Nah, jika ada juga yang berminat, ini resepnya (copy paste dari blog Shinta):

Bahan :
3 butir telur utuh
4 kuning telur
120 gr gula pasir
85 gr terigu
35 gr coklat bubuk
10 gr baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
80 gr margarin/butter, dicairkan
2 sdm susu cair

Cara membuat :
1. Campur terigu, coklat bubuk dan baking powder. Ayak lalu sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental berjejak. Tambahkan vanili.
3. Turunkan speed mixer, masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan margarin dan susu cair. Aduk dengan mixer speed paling rendah ataupun spatula. Aduk hingga benar-benar rata dengan cara aduk balik : gerakkan spatula dari pinggir hingga bagian tengah dasar wadah, lalu naikkan adonan dasar tersebut sampai ke permukaan adonan. Kalo belum tercampur rata, nanti akan terlihat margarin cair yg belum tercampur. Margarin yg masih terpisah inilah yang menyebabkan cake esring bantat.
*cara yang sering saya pakai untuk menghindari bantat : terigu dan margarin dimasukkan secara berseling sehingga saat mengaduk terigu, margarin pun ikut teraduk.
5. Siapkan loyang bulat diameter 18 cm (bisa juga loyang persegi 18 cm), alasi dasarnya dengan kertas roti. Tuang adonan ke loyang, banting sedikit loyangnya agar gelembung udara di dalam adonan menjadi pecah.
6. Panggang pada suhu 180 C selama 10 menit, lanjutkan dengan suhu 170 C selama 15-20 menit. Atau sesuaikan dengan kondisi oven.

2 komentar:

Shinta mengatakan...

Woaa... seger banget liat fruits cake-nya! Upps, jd ngiler Ta :P Good job, I like it (kok kayak Rianti Cartwright, hehehe..) I'm glad, your family love it.

Tata mengatakan...

Shinta, kue itu tidak akan terwujud tanpa (resep dari) dirimu .. BIG BIG THANKS :D