Kamis, 24 Maret 2011

Sponge Cake Pandan


Akhirnya bisa juga bikin sponge cake pandan. Yang paling bikin aku senang adalah karena ini hasil utak-atik resep sendiri. Setelah googling di internet, tak ada yang sesuai dengan ukuran loyang yang aku punya, malah kebanyakan jenis chiffon. Kalau chiffon aku tak punya loyangnya. Jadilah aku bereksperimen.

Yang pertama terlalu manis dan kebanyakan pasta dan santan jadi agak eneg meskipun ya enak juga. Yang kedua kalinya mantap. Aku kurangi gula, pasta, dan santannya, jadinya lebih nyus. Padahal bikinnya juga buru-buru. Cuma satu jam karena harus antar Bintang les.

Dan, bagaimanapun juga aku haturkan terima kasih pada Shinta Little Kitchen dan mbak Widya dari Andra Brown. Dari kedua resep mereka itu aku utak-atik sendiri dan jadilah sponge cake pandan seperti di foto itu.

Buat yang ingin mencoba resepku, silakan ya..

Bahan:
4 butir telor antero (kuning dan putihnya)
2 kuning telur
100 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
75 gram margarine, lelehkan
1 sdt SP
2 sdm santan kental (aku pakai Kara)
1 sdm pasta pandan

Cara membuat:
1. Siapkan loyang, oles margarine dan alasi kertas roti, oles margarine lagi
2. Panaskan oven. Untuk ovenku (Hock no. 3) hanya 150 derajat C, harap sesuaikan dengan oven masing-masing ya..
3. Kocok telur, SP, dan gula sampai kental berjejak dengan kecepatan tinggi
4. Turunkan kecepatan hingga yang minimal kemudian masukkan terigu
5. Matikan mikser, masukkan mentega aduk pakai spatula karet dengan teknik aduk balik hingga rata
6. Masukkan santan aduk hingga rata
7. Masukkan pasta pandan aduk hingga rata
8. Tuang ke loyang bulat ukuran diameter 18 tinggi 7 cm
9. Panggang hingga matang, lebih kurang 30 menit.

Tidak ada komentar: