Minggu, 18 Juli 2010

Banana Cupcake


Dari pameran buku IKAPI beberapa hari lalu aku beli beberapa buku resep. Salah satunya "Cupcake lezat yang sedang tren" terbitan Sedap. Dapat diskon 50% dari harga asli Rp45ribu. Asyik kan? Nah, kemarin aku coba Banana Cupcake. Ini karena aku punya pisang ambon yang sudah matang sekali. Daripada dibuang, dibikin cupcake aja.

Di resep aslinya pakai poppy seeds, tapi aku gak punya dan udah ke tbk juga gak nemu, jadinya aku ganti chocolate chip aja. Hasilnya empuk banget. Enak lho buat sarapan atau camilan sore hari bareng kopi atau teh. Cupcake ini tahan hingga tiga hari disimpan dalam wadah tupperware tertutup rapat.

Ini resepnya:
Bahan:
150 gram margarine
100 gram gula pasir halus
100 gram pisang ambon, haluskan (sebaiknya pakai pisang ambon yang sudah matang sekali, tandanya ada bercak kehitaman di kulitnya)
3 butir telur
175 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
1/2 sdt bumbu spekuk
50 ml susu cair (aku pakai 1 sdm susu bubuk dancow yang dicairkan)
1 sdt poppy seed (aku ganti chocolate chip)

Cara membuat:
1. Kocok margarine dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan pisang. Kocok rata.
2. Tambahkan telur satu persatu bergantian dengan sebagaian tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata.
3. Masukkan sisa tepung terigu, baking powder, dan bumbu spekuk sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan susu cair. Tambahkan poppy seed (aku pakai chocolate chip). Aduk rata.
4. Tuang di cup kertas
5. Oven 20 menit dengan suhu 180derajat Celcius sampai matang.

O ya, ada tip-nya di buku ini: haluskan pisang menjelang dimasukkan agar tidak hitam, begitu katanya.

Membuatnya sama sekali tak sulit. Juga tak pakai lama. Jadi, silakan jika ingin mencoba :)

Tidak ada komentar: