Minggu, 25 Juli 2010

Cupcake Coklat


Jumat, 23 Juli kemarin ada acara kumpul-kumpul sama teman lama di Citos, Jakarta Selatan. Aku iseng bawain cupcake aja buat mereka. Tapi karena acaranya makan-makan ya jadinya cupcake ini gak kemakan, akhirnya dibawa sama dua orang teman.

Resepnya aku ambil dari resep kursus crazy cupcake dulu di NCC Matraman. Judul resepnya Chocolate Cup Cake. Ini sebenarnya sponge cake biasa cuma ya ditarok di cup gitu.

Ini resepnya (aku pakai 1/3 resep jadi 10 cupcake mooma - pas):
Bahan A:
12 butir telur
450 gram gula pasir
20 gram emulsifier
1 sdt garam

Bahan B:
75 gram coklat bubuk
300 gram tepung terigu
1 sdt vanili

Bahan C:
300 gram mentega/margarine, lelehkan
200 gram dark cooking chocolate -- aku gak pake, kelupaan soale
1 sdm pasta coklat black forest

Cara membuat:
- Siapkan loyang cupcake, alasi kertas cup atau poles mentega. Sisihkan
- Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi menjadi 3 bagian sama rata (aku gak bagi, langsung tuang di cup)
- Tuang adonan ke dalam cup cake, kukus/panggang selama 20 menit suhu 180 derajat Celcius (aku dipanggang)

Untuk toppingnya, aku pakai buttercream yang aku kasih pasta coklat black forest terus dikasih hiasan coklat sama strawberry.

Tidak ada komentar: