Senin, 12 Juli 2010

Wajah Lain Buttercake 2 Telur


Minggu kemarin arisan keluarga. Bingung mau bawa apa ya? Maunya yang sederhana bikinnya dan murah meriah. Secara harga-harga sekarang pada melambung je...Setelah blogwalking, pilihanku jatuh pada Cinnamon Cakenya Fatmah Bahalwan. Dasarnya buttercake 2 telur terus diberi taburan gula halus dan bubuk kayu manis.  Dicetak pakai loyang 22x22x4 terus dipotong-potong. Asyiikk..kan nanti jadi banyak. Ini sesuai sama bujetku :D

Bahan-bahan semua sudah ada. Tinggal baking-baking aja. Dulu aku pernah nih bikin cupcake dengan resep yang sama tapi gulanya aku kurangi karena rasanya kemanisan. Kali ini aku kurangi gulanya jadi 200 gram saja dari semula 250 gram.

Eh..ndilalah, setelah jadi permukaannya masih rada kurang matang, jadi masih terlalu empuk. Pas aku cowel, malah rada ngelupas. Jadinya aku pakai plan B aja. Permukaannya aku kelupas sekalian, terus dikasih selai mullberry - yang kebetulan ada di rumah - yang dididihkan dengan air panas dan diberi bubuk jeli. Sesudahnya diletakkan buah strawberry sebagai pemanis dan dipulas jelly biar mengkilat dan menempel.

Sebenarnya fungsi strawberry ini bukan cuma hiasan lho, tapi untuk penawar rasa juga karena cake-nya aku kira masih terlalu manis. Nah, penampilannya jadi seperti di foto itu. Kata suamiku sih, "penampilannya elit" hi..hi..jadinya berbunga-bunga hatiku..:P

2 komentar:

cooking for energy mengatakan...

mba tata, penampilannya abis dikasih selai jadi mewah dan ga pucat..
btw mba, boleh tau komposisi selai sama agar-agarnya berapa ya?
makasih sebelumnya..

Tata mengatakan...

hai,

terima kasih sudah mampir di blog saya. komposisi selai sama agar-agar? waduh, saya tak menimbangnya. hanya kira-kira saja, soalnya selai saya tak beli khusus, hanya seadanya di rumah. sekedar mengingat, selai itu tinggal setengah gelas kecil (saya lupa mereknya-pokoknya ada di gelas kecil-kecil yang diberi tutup putih harganya sekitar 7-8ribu tergantung jenis selainya apa) dan saya pakai semua. untuk jelinya saya hanya pakai setengah sendok teh saja.

maaf ya kalau kurang membantu. silakan modifikasi sesuai selera saja, kalau saya resep itu terlalu manis jadi lebih seimbang jika diberi topping agak asam dan segar.

salam buttercake :)
tata