Minggu, 18 Juli 2010

Nastar


Bikin nastar lagi setelah puluhan tahun. Entah kapan terakhirnya, lupa. Duluuuu banget suka bantuin ibu bikin. Nastarnya tapi gak bulet gitu, tapi berbentuk landak. Aku paling senang bagian bentuk duri di badannya. Pakai gunting kecil digunting-gunting sedikit jadinya nanti berbentuk duri. Pas aku cerita ke suami, katanya coba aja kau bikin lagi, barangkali banyak orang suka. Ya lain kali lah, soalnya kalo bentuk landak itu jadinya gede-gede, sementara orang sekarang sukanya snack yang kecil-kecil. Ato bikin landak tapi kecil gitu? Hmmm..

Eh, tapi sementara itu aku mo pamer yang ini dulu. Agak merekah ya kulitnya. Kata kakakku, ada dua hal kemungkinan penyebabnya: kebanyakan mentega atau mengocoknya kelamaan. Kayaknya kesalahanku karena yang terakhir itu. Soalnya aku gak pakai gula kastor atau gula halus tapi pakai gula biasa yang aku rasa butirnya sudah kecil. Terus aku memang mengocok agak lama karena aku pikir soal pengocokan tak berpengaruh seperti kalau bikin cake. Lhah ternyata pengaruh juga to? Baiklah..setidaknya kesalahannya sudah terdeteksi. Lebih mudah memperbaiki kan?

O ya, resep nastar aku ambil dari buku Kue Kering karya Yasaboga, bukunya terlihat di foto itu. Resepnya seperti ini, tapi aku cuma pakai setengah resep:

Bahan:
400 gr mentega tawar/margarine
5 btr kuning telur (aku pakai 2 kuning telur)
100 gr gula kastor
2 sdm susu bubuk
500 gr tepung terigu
2 sdm tepung maizena
2 btr telur kocok untuk mengoles (aku pakai satu kuning telur saja)

Selai nanas:
1 bh nanas parut (aku pakai dua nanas kecil-kecil)
150 gr gula pasir (aku lupa pakai berapa sendok, ini sesuai selera aja)
10 cm kayumanis sebesar jari telunjuk, potong dua (aku pakai sekitar 5 cm)

Cara membuat:
1. Untuk selai nanas: jerang nanas parut dan kayu manis sampai tidak berair , beri gula, aduk hingga kental. Angkat, dinginkan, bulatkan kurleb satu setengah cm, sisihkan.
2. Kocok lembut gula dan mentega. Masukkan berturut-turut sambil diaduk rata: kuning telur, susu, maizena dan terigu. Pasang oven 150 derajat Celcius. Bulatkan kurleb 1 sdm adonan, tekan, isikan selai, bulatkan kembali. Tata dalam loyang yang dioles margarin. Oleskan kocokan telur pada permukaan kue. Panggang kurleb 20 menit sampai matang.

Tidak ada komentar: