Kamis, 29 Juli 2010

Brownies


Ini kue pertama yang dimasak di rumah kontrakan. Kontrak? Iya, mulai Senin kemarin kami sekeluarga pindah sementara ke rumah tetangga, jaraknya cuma dua rumah dari rumah lama. Soalnya rumah kami sedang direnovasi. Rencana kami ingin tambah kamar. Melebar tak mungkin karena di perumahan ini tembok kami menyatu dengan tetangga kiri kanan. Ke bawah? Waa..ntar dikira bikin bungker buat pabrik sabu. Akhirnya kami putuskan tambah ke atas alias ningkat rumah. Gak mungkin kalo kami tetep di sana, akhirnya pindah sementara mungkin 3 atau 4 bulan saja.

Rumah kontrakan ini rumah baru, belum pernah ditempati. Ya masih bersih lah. Hanya nggak punya toren ato tempat penampungan air di atas. Jadi sedikit boros listrik karena sekali muter kran berarti nyalain pompa. Dibandingin di rumah lama yang dalam sehari kami batasi hanya dua kali nyalain pompa. Di sini sehari bisa berkali-kali. Ya wis lah, sementara ini.

Hari Senin kami sibuk angkat-angkat barang dari rumah. Karena jaraknya dekat, ya bolak-balik aja. Maju mundurin mobil. Tukang juga dimintai tolong angkut-angkut. Pokoke sehari itu lumayan berat lah. Malamnya kami makan malam di Sumarecon Mall, nyari tomyam soale aku sama suami udah mau flu aja bawaannya.

Hari Selasa masih benah-benah, selama dua hari itu aku beli masakan jadi aja. Praktis wong ndak sempat masak. Nah..hari Rabu agak longgar. Aku coba masak di dapur sekalian aja bikin kue sore harinya. Kebetulan loyang brownis juga baru beli beberapa hari sebelumnya di Titan. Pilih resep brownis karena irit telur (eh, di saat harga telur melambung kalo mo baking pilih-pilih yang gak pake telur banyak), lagian aku masih punya sisa coklat Tulip banyak. Daripada dibiarin aja, mending dibuat kue aja.

Hasilnya uenak. Biar ini pertama kali bikin brownis ternyata tak sulit. Anak-anak suka, suami doyan. Aku juga. Wuih seneng sekali rasanya kalo kue bikinan disenangin mereka :D

Ini resepnya, nyontek dari buku tipis Cake Cokelat Populer dari Saji hal. 22-23:
Bahan:
120 gram margarin
150 gram cokelat masak pekat, dipotong-potong
2 butir telur
125 gram gula pasir
50 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sdt baking powder
35 gram kacang tanah kupas, dicincang kasar
15 gram kacang tanah kupas, dicincang kasar untuk taburan.

Cara membuat:
1. Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai kental 3 menit. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Masukkan kacang tanah. Aduk rata. Tuang di loyang 30x10x4cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang tanah cincang.
4. Oven 35 menit dengan suu 180 derajat Celcius. Dinginkan.
3.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hihihi.. wah bertamu ke rumah mbak tata bikin laper ternyata! Tapi asyik nih resep browniesnya kapan2 aku contek ah, karena aku sukaaa sekali kue coklat:)

Tata mengatakan...

makasih dah mampir Mi, silakan dicontek resepnya. kalo gak mau repot pesen ke aku aja :D