Senin, 24 Mei 2010

Cake Tape Keju


Sejak minggu sudah kepengen bikin muffin tape, tapi belum punya peralatannya. Ada cetakan bolu kukus, tapi cuma delapan biji. Pikirku mau beli loyang muffin yang isi 12 sekalian. Eh, setelah kebeli, ternyata loyangnya terlalu panjang. Gak muat di oven kecilku. Waaa..ya udah, besok mau tak balikin ke tokonya, semoga mau, ganti barang yang lain. Padahal bahan-bahan sudah lengkap, ya wes lah pakai yang ada aja. Aku putuskan pake loyang oval aja. Karena masih dalam rangka belajar, aku masih belum berani bikin yang satu resep. Masih setengah resep aja dulu. Loyang oval itu aku pikir pas lah.

Dan ternyata pelajaran kali ini berhasil aku lalui. Cake-nya halus, empuk, lembut. Hm...pokoke yummy banget. Pas buat teman minum kopi di sore gerimis kayak gini.

Ini resepnya yang aku ambil dari tabloid Saji edisi 176/thn.VII/24 Maret-6 April 2010 (aku pakai 1/2 resep)

Bahan:
6 kuning telur
3 putih telur
80 gram gula pasir
5 gram emulsifier
100 gram tepung terigu protein sedang
50 gram tape singkong
25 gram santan kental instan
25 gram margarine, lelehkan
25 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
1. Blender tape singkong dan santan. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
3. Masukkan campuran tape singkong dan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
4. Tuang di loyang ukuran 24x12x4 cm (aku pakai loyang oval) yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Tabur keju parut.
5. Oven 25 menit dengan api bawah suhu 180 derajat C (aku cuma sampai 160 derajat C) sampai matang.

Tidak ada komentar: