Sabtu, 22 Mei 2010

Hock dan sponge cake coklat pertama-ku

Ujug-ujug suami bilang, "Mau ganti hape gak?". Wuih, tawaran yang menggiurkan. Tapi pikir punya pikir, banyak alasan untuk tak ganti hape, secanggih apapun hape, tapi isi sms-nya ya tetep sama. Ya toh? Mau berita buruk sekalipun tak akan berubah jadi berita bagus cuma gara-gara hape-nya keren. Jadi yaa..aku tetapkan untuk bertahan di hapeku yang lama dan sama sekali gak modis. Fungsional aja lah. Naaah...bujet yang ada aku minta alihin aja ke oven sama piranti kue lainnya. Suami sepakat.

Dan, jadilah Kamis, 20 Mei lalu sebagai hari bersejarah buat dapurku. Ini dia oven baruku, merek Hock seperti yang direkomendasikan banyak orang. Harganya 280ribu. Belinya di TBK ruko sektor 9 Bintaro. Ini dia si Hock, anggota baru di dapurku:


 Sampai rumah, nggak langsung dipakai. Jumat beli bahan-bahan. Sabtu pagi jalan ke Gramedia obralan dapat "Buku Pintar Membuat Cake - Membuat 30 jenis cake dari satu adonan dasar" karya Diah Surjani Arianto. Harganya 42ribu, diskon 10persen. Ini buku bagus buat pemula macam aku. Yaa..sebenarnya aku bukan pemula banget. Duluuu sekali sering juga bantu-bantu ibu bikin kue, tapi kan jaman berubah. Tren kuliner juga berkembang. Jadi anggaplah aku pemula lagi. Soalnya ibu dulu bikin gak pake oven, tapi pake loyang tulban yang sekaligus juga oven, di atasnya ditarok arang gitu. Terus pakainya kompor minyak. Ngocok kue juga pakai kocokan spiral itu. Lammaaaa banget sampai pegal tangan. 

Sempat juga punya oven tapi merek Mickey Mouse, gak ada indikator panasnya. Aku kasih ke orang. Frustasi aja waktu itu. Sekarang semangat itu muncul lagi. Aku mulai dari nol lagi aja. Gak papa, anggap aku pemula.

Sebagai awal, aku pakai setengah resep dulu. Loyangnya pakai loyang bulat diameter 18 - seadanya dulu. Ini loyang aku pakai buat bikin cheesecake kapan itu. Jadinya seperti ini, aku pikir rada gosong kalo liat pinggirannya ya?
Tapi setelah aku potong, ternyata enggak. Seperti ini dalamnya:


Enak lho, lembut, gak enek. Suamiku suka. Anakku juga suka. Hi.hi..jadi seneng dan semangat dah kalo gini. Tahap awal ini aku bikin cake dasar dulu, plain aja. Belum niat bikin asesori cake-nya. Besok aku mau bikin lagi ah, dengan hiasan dan isiannya. Pokoknya tahun ini harus bisa bikin kue ulang tahun sendiri buat si bungsu. Yang cantik tentunya :D

Ini resepnya dasar sponge cake coklat berdasarkan buku yang tadi aku sebut:
Bahan:
6 butir telur
120 gram gula pasir
10 gram cake emulsifier
40 gram tepung terigu protein rendah/sedang
20 gram cokelat bubuk
5 gram (1/2 sdt) baking powder
100 gram margarine, lelehkan.
15 gram tepung maizena

Yang aku bikin ini 1/2 resep dengan perbandingan telur 4 (kuning telur) : 2 (putih telur) 

Cara membuat:Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier sampai kental (bila dituang adonan akan mengalir seperti pita). Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, tepung maizena, dan baking powder sambil diayak. Aduk sebentar. Tambahkan margarine cair. Aduk sampai rata dengan sendok logam, dengan gerakan membalik adonan.

Tuang ke loyang ukuran 24 x 24 cm (aku pakai loyang bulat diameter 18). Panggang dalam oven bersuhu 170 derajat C selama 25-30 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven. Diamkan lebih kurang 5 menit di dalam loyang, lalu segera balikkan ke atas rak pendingin kue.

Tidak ada komentar: