Senin, 10 Mei 2010

Soya Pudding with Strawberry and Orange


Ini puding hasil eksperimen. Beberapa minggu lalu, pas arisan keluarga aku bawa dua puding: almond sama coklat. Keduanya dari susu sapi. Ternyata salah seorang sepupu mengaku tak doyan susu, ia tak makan puding. Wah, kok ada ya? Baru ngeh aku. Pas browsing, di blog kedai puding ada posting puding yang bukan dari susu sapi, tapi dari susu kedelai. Katanya buat klien-nya yang alergi susu sapi. Jadi tertarik buat eksperimen. Puding dari susu kedelai.

Pagi-pagi ke pasar beli dua plastik susu kedelai tawar. Sampai di rumah langsung aku olah. Ini puding gak akan sendirian tapi bakal berlapis, sekalian ngabisin selai strawberry sisa buat garnish cheesecake kemarin. Garnish-nya jeruk mandarin kaleng sama strawberry segar.

Bikin lapisan pertama, puding selai strawberry yang aku cairin, tak banyak kendala. Lapisan berikutnya, susu kedelai juga lancar. Naaah....tahap paling akhir: lapisan paling atas. Ini yang sulit. Pas bikin puding dengan  hiasan kiwi dan strawberry beberapa hari lalu mulus aja. Yang ini kok begini?

Ngeluarin dari cetakan oval aja sudah perlu kesabaran. Berikutnya pakai mika dilingkarkan ke puding. Menata jeruk dan strawberry dibantu Bintang, hi...hi..ibunya kurang imajinatif, jadinya Bintang kayak mandor aja, begini bu begitu bu, yang ini tarok sana, yang itu ditarok sini. Ya wes, nurut aja. Hasilnya cantik juga ternyata.

Sekarang bagian yang paling susah, menuang bahan puding ke buah itu lho. Mereka meleleh kemana-mana. Entah pasang mikanya kurang rapi atau pudingnya yang menyusut (aku lupa campur bubuk jelly, jadi ia berair dan sepertinya menyusut) sehingga melonggarkan mika atau bagaimana ya. Lelehan itu bikin senewen. Seperti bak yang bocor. Diisi dari atas, keluar di bawah. Seperti ini nih yang bikin senewen:


Akhirnya aku akalin, disendokin pelan-pelan, terus aku balikin lagi. Supaya gak merembes, bagian sampingnya agak aku tekan ke dinding puding jadi mikanya menempel lekat, tak berongga. Tapi ya tetep senewen. Tangan cuma dua, satu tangan pegang puding, lainnya pegang sendok. Lha terus sisi lainnya sapa yang pegang? Cairan puding meleleh juga di sisi satunya. Hrgghhh.....untung ada bantuan datang. Si Bintang dimanfaatin lagi. Nak, tolong bantu ibu pegang itu. Yah..lumayan lah berbagi duka hiks..hiks..

Jadinya bagaimana? Rasanya sih enak, paduan rasa yang serasi antara susu kedelai sama strawberry plus jeruk yang asem manis. Tapi soal tampilan masih kurang rapi. Lain kali belajar lagi ah, biar makin rapi. Practice makes perfect, rights?

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagi doong? Heheheh

Tata mengatakan...

eh, ternyata dirimu bersedia mampir ke rumahku ya? makasih ya. pasti aku bagi kok :)