Sabtu, 22 September 2012

Udang Asam Manis


Anak-anak suka udang. Tapi bosan kalau digoreng tepung terus. Kali ini mau coba bikin lain. Tapi tetep gak mau yang ribet. Kepikiran udang asam manis, dan mulailah blog walking.

Jalan sana-jalan sini. Tengok sana tengok sini. Jadilah pilihan pada resep udang asam manis yang diposting di blog Ambrosia. Ini bukan resep asli pemilik blog, melainkan dari Buku A la Kaki Lima dari Primarasa. Di blog nya dimuat juga cover buku resep ini.

Bener lo, seperti yang ditulis di blog Ambrosia itu, "gampang dibuatnya, enak juga"

Ini resep praktis banget. Cara seperti ini cocok buat aku. O ya, aku nggak niru persis ya, aku bikin sesuai dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Tapi usahakan pakai air jeruk lemon, bukan jeruk nipis, rasanya lebih nyusss..

Berikut copy paste resep plus modifikasi dari aku:

Udang Asam Manis

Bahan:
1 kg (18-20 ekor) udang besar ---- aku udang peci setengah kilo
1/2 sdt garam ---- aku nggak pake, udang aku lumuri air jeruk lemon aja
200 gram margarin ---- aku kira-kira aja dan pake Blue Band
2 cm jahe, cincang
2 batang daun bawang, iris 2 cm ---- aku iris serong biar cantik
1-2 sdt tepung kanji, larutkan dalam 100 ml air --- aku nggak pakai
bawang putih --- aku pakai bawang bombay dan bawang putih.

Saus: campur jadi satu
125 ml saus tomat botolan ---- aku pakai merek ABC
1sdm kecap asin ---- nggak punya, aku ganti kecap ikan secukupnya
2 sdm kecap manis
1 sdm air jeruk lemon

Cara:
1. Bersihkan udang, belah punggungnya, keluarkan urat hitamnya. Biarkan kulit kepala dan ekor. Lumuri udang dengan garam, sisihkan sebentar. ---- aku cuma pakai ekornya aja, kepala dibuang dan hanya dilumuri air jeruk lemon.  

2. Panaskan margarin dalam wajan, masukkan udang, goreng hingga berwarna merah, angkat, tiriskan.

3. Panaskan kembali 5 sdm margarin bekas menggoreng udang, tumis bawang putih (aku tambah  irisan bawang bombay) dan jahe sampai harum. Masukkan campuran saus dan daun bawang, aduk.

4. Masukkan udang goreng, aduk. Tambahkan larutan tepung kanji, aduk hingga mengental, angkat (aku nggak pakai larutan tepung kanji, menurutku campuran saus sudah cukup kental)

5. Hidangkan selagi panas.

Uenak banget, apalagi kalau nasinya anget dan empuk :D




Tidak ada komentar: