Kamis, 24 Juli 2008

Cuti Hamil

Ini hari pertama saya resmi cuti hamil. Beberapa hari sebelumnya saya bilang ke bos kalau akhir bulan, tapi kenyataannya kondisi memaksa saya untuk majuin cuti. Habisnya gimana lagi, gak ada orang di rumah, sementara anak saya mesti ada yang jaga. Kalau gak ada les di sore hari ya bisa saja saya ajak dia ke kantor, tapi kalo tiap hari ngajak anak saya nya yang gak mampu. Capeknya bertambah, udah gitu kasihan juga anak saya soalnya dia kan berangkat pagi, setiap hari saya mesti bangunin dia subuh. Sebelum kemasukan makan dan minum dia harus minum obat merah dulu. Ini obat buat nurunin laju endap darah (LED) soalnya hasil periksa darah kemarin masih 12, seharusnya di bawah 10. Terapi obat merah ini sebenarnya sudah jalan 6 bulan, di awal pemeriksaan, hasil nya LED 38, tinggi banget. Nah, sekarang dokternya masih belum puas juga. Katanya masih harus dilanjutin sekitar 3 bulan lagi. Kasihan sebenarnya. Soalnya ya terkait sama bangun pagi itu. Masih ngantuk-ngantuk, mata masih merem dipaksa minum obat. Tapi abis itu ya dia tidur lagi. Setengah jam kemudian dibangunkan. Terus sekitar seperempat jam berikutnya dimandiin. Abis itu jam makan (pokoknya makan minum sekitar satu jam setelah minum obat), abis makan baru antar jemputnya datang.

Begitulah, akhirnya saya memutuskan untuk majuin cuti, tapi ya kalau ada kerjaan yang bisa dikerjakan pake internet saya masih tetap bisa ngerjain. Editing tulisan misalnya, kan masih bisa dong. Soalnya yang saya kurangin cuma melakukan perjalanan jauh. Bayangin dari rumah ke kantor makan waktu sekitar 2 jam. Kalo baliknya ya bisa molor tergantung macet enggaknya. Terus kalo ngajak anak ya terpaksa naik taksi. Soalnya saya gak mau ambil resiko gak dapat tempat duduk di bis. Dulu sih waktu kandungan masih di bawah 7, saya masih berani naik KRL. Nah, kalo naik KRL kan tempat duduknya relatif longgar dibanding bis. Tapi sekarang saya udah gak mampu lagi, soalnya di stasiun Serpong atau di Rawa Buntu tangganya curam sekali. Ngeri saya.

Dua kali dalam seminggu anak saya mesti les baca tulis juga matemateka sederhana. Nah, ini yang mengharuskan saya ada di rumah. Jadi ya saya bela-belain maju cuti. Soalnya saya gak puas dengan pelajaran dari sekolah. Di sekolah kebanyakan main sama sosialisasi. Sepertinya les ini sudah jadi keharusan sekarang. Sementara saya ini orangnya gak sabaran kalau ngajarin anak. Bisa-bisa bertanduk sepuluh di kepala. Kalau ayahnya sih masih lebih sabaran, lha saya? Wah, pasti berantem ujung-ujungnya.

Anak saya sendiri senang sekali begitu saya beritahu kalau ibu bakal lama di rumah terus sampai dede lahir nanti. Wah, seneng bener dia. Heran juga saya, padahal kalo ada saya tuh sering banget dimarahin. Dasarnya saya kalo udah bertanduk bisa bikin anak nangis. Tapi ya gak tau ya, namanya anak itu biarpun dimarahin kayak apa sama ibunya kok tetep aja lengket. Ngalem-ngalem katanya kalo pas minta manja-manjaan sama saya.

Sebenernya kalo kantor gak terlalu jauh sih saya lebih seneng kerja. Di rumah kalo pas sendiri abis anak berangkat sekolah rasanya sepi. Kemarin saya isi waktu dengan ngulang senam hamil sendiri. Terus ini tadi jalan-jalan ke pasar. Pokoknya harus gerak terus. Pengennya sih ngerjain kerjaan rumah juga, tapi kok ya udah banyak yang gak mampu dilakukan ya. Beberapa kerjaan rumah favorit saya seperti bersihin kamar mandi sama seterika udah gak mampu dan gak dibolehin lagi sama suami. Padahal saya merasa sangat piawai di dua hal itu. Gak pernah puas kalo orang lain yang ngerjain. Jadi rasanya cuma bisa dongkol kalo mbak yang bantu-bantu beres-beres dan cuci gosok ngerjain tapi gak bersih atau gak rapi. Mau mbenerin kok udah gak mampu. Mau ngasih tau, takutnya dibilang cerewet. Serba salah dah. Ya udahlah, sementara dipaksain nerima kerjaan orang lain apa adanya.

Yang jelas saya sudah punya rencana buat ngisi waktu di masa cuti hamil ini. Ya merajut itu. Rencana saya sih kapan-kapan kalo jalan-jalan di Plasa Senayan mau minta dibeliin buku merajut yang dari luar. Kan banyak ide tuh kalo liat buku merajut dari luar. Apalagi kalo yang dari Jepang, kayaknya kalo baca-baca blog ibu-ibu yang hobi merajut itu yang paling bagus dan kreatif itu hasil rajutan ibu-ibu Jepang. Iya sih, saya juga heran, orang-orang Jepang itu kok bisa kreatif-kreatif ya. Pengennya bisa kayak mereka. Sementara ini saya baru beli buku-buku merajut yang domestik dulu. Gitu-gitu aja sih, kayaknya masih kurang puas. Paling bagus ya punya si Thata Pang. Hebat dia itu. Saya salut. Udah jadi wanita kantoran, punya anak, punya toko, juga tetap berkarya merajut terus sampe bisa bikin buku segala. Ada yang ngasih komentar di internet, Thata ini barangkali gak pernah tidur soalnya gimana cara ngatur waktunya coba? Selain merajut dia juga seneng bikin pernak pernik dari kain felt serta bikin kristik. Di beberapa posting di blog nya dia bilang sering terima pesenan buat suvenir kawinan atau pesta syukuran bayi. Walah..walah...kapan istirahatnya tuh orang?

Naah, sekarang balik ke saya lagi nih. Semoga masa cuti ini gak cuma sekadar liburan. Semoga saya masih tetap produktif. Kemarin pas di kelas senam, ada ibu-ibu yang katanya seneng banget tidur, begitu selesai beres-beres rumah dia masuk kamar dari jam 9 sampai seharian. Katanya bayi nya gerakannya aneh bikin sakit perut. Terus si ibu bidannya bilang ya jangan begitu, pokoknya selama hamil kita harus terus aktif. Bayinya juga gak senang kalo kita nya tiduran terus. Iya sih, saya pernah baca di salah satu artikel tentang kehamilan kalo kita aktif, janin nya juga jadi sehat. Begitulah, saya sekarang memutuskan untuk tetap aktif, tetap gerak. Apalagi si bayi ini katanya posisinya masih miring, kepala udah di bawah tapi kok belum sreg masuk panggul. Harapan saya sih saya bisa ngelairin normal dan gampang kayak anak pertama dulu. Juga anak kedua ini bisa lahir sehat, normal dan pintar. Tumbuh jadi anak yang berguna bukan cuma buat keluarga tapi juga masyarakat. Syukur-syukur kalo dikaruniai wajah yang cantik. Aminnn...aminn..

Tidak ada komentar: