Jumat, 18 Juli 2008

Mandiri

Ini soal mendidik anak supaya mandiri. Kata orang-orang sih anak saya sudah mandiri. Kata orang-orang anak saya pintar dan berani. Ya, itu kata orang-orang, kalau menurut saya sih ya dia masih aleman. Mandi aja kadang minta dimandiin, minta disuapin, bobo juga minta dikelonin, main juga minta ditemenin. Kata suami saya ya ini salah saya juga karena apa-apa serba diturutin. Gimana ya, saya memang masih suka khawatir. Kata suami saya, kekhawatiran saya suka berlebihan. Saya balik nuduh suami saya terlalu ngelepas anak. Nah lo!

Anak saya sekarang umurnya 5 tahun lebih 5 bulan. Makan dan mandi sendiri sebenarnya sudah bisa, cuma saya masih sering nyuapin dan mandiin. Belanja di warung sendiri juga sudah berani. Kalau di rumah gak ada orang dia juga sudah berani ditinggal sendiri. Pernah malam sekitar jam 8 ditinggal sendiri sementara aku sama suami keluar beli nasi goreng. Dasarnya anak saya ini rumahan, malas kemana-mana. Ya udah ditinggal aja. Pulang-pulang dia kasih liat "kejutan buat ayah" yang ternyata gambar dia dan udah ditarok di laptop ayahnya. Ada aja dia itu.

Yang terbaru soal kemandirian anak saya ya ini: baru dua hari ini dia berangkat sekolah sendiri. Ya, nggak sepenuhnya sendiri tapi pakai antar jemput. Tiga hari pertama saya masih belum tega, mbak nya saya suruh nemenin. Berikutnya ya saya harus paksain sendiri, soalnya si mbak ini nantinya mau saya fokuskan ke adiknya yang lahir sekitar sebulan lagi. Namanya juga ibu-ibu, rasanya aneh juga liat dia berangkat sendiri. Tapi saya lihat sopir nya - dipanggilnya Opung - baik sama anak kecil. Kadang turun dari mobil terus gandeng anak saya masuk ke mobil. Tapi tadi pagi karena anak saya sudah siap, dia langsung aja lari ke mobil, buka pintu terus masuk sendiri. Wah..wah..saya kok rasanya terharu.

Kata suami saya sih, saya-nya yang terlalu manjain. Abis gimana lagi? Ada juga anak tetangga baru kelas 1 SD sering ditinggal sendiri di rumah. Beneran sendiri sampai jam 9.30 malam. Ortunya kerja semua. Karena gak ada orang di rumah ya sudah si anak ini sendirian aja. Bayangin kelas 1 SD! Kalau mau makan aja mesti naik kursi dulu untuk ambil lauk dan sayur. Terus kalau udah menjelang maghrib dia tutup korden juga nyalain lampu. Hebat pikir saya. Tapi ya kasihan juga soalnya beberapa kali dia minta jajan atau bilang lapar ke anak saya soalnya di rumah gak disiapin camilan. Ya udah sering saya kasih roti atau ya jajan-jajan anak sekedarnya. Kasihannya lagi kalau sudah malam, ya karena masing-masing keluarga punya jam malam, sekitar jam 8 ke atas biasanya rata-rata rumah sudah tertutup. Si anak ini ya terpaksa gak punya teman. Kadang dia cuma lari ke sana kemari. Atau sekadar duduk di pinggir jalan nunggu ortunya pulang. Saya sering gak tega, tapi ya anak saya sudah harus masuk rumah dan jam 9 malam adalah waktu tidurnya. Jadinya dengan berat hati saya tolak dia masuk rumah. Saya bilang saja pelan-pelan, "Ini sudah malam, kamu masuk rumah ya istirahat saja".
Beberapa hari terakhir saya lihat di rumah anak ini sudah ada mbak nya, jadi sekarang kalau sudah maghrib dan petang bener-bener jalan di depan rumah sudah sepi nggak ada lagi yang main di luar. Semua sudah di dalam rumah. Ya..saya agak tenang juga, soalnya pengaruhnya besar lho. Anak saya jadi ikutan gak tertib dan gak ada waktu istirahat.

Pengalaman melihat tetangga sekitar membuat saya jadi ngeh. Masing-masing keluarga punya caranya buat ngajarin anaknya jadi mandiri. Dibandingin anak kakak saya ya sepertinya anak saya lebih mandiri soalnya kebiasaan ditinggal ortu di Jakarta itu pemandangan yang biasa. Sementara kalau di kota kecil kan banyak ortu yang kerjanya dekat atau ibunya ibu rumah tangga. Lha kalau di Jakarta, anak saya biasa ditinggal dari pagi sampai malam. Bahkan pernah saya tinggal 2 minggu keluar kota. Ya gimana lagi. Emang begitu atmosfernya di sini.

Beruntung saya tinggal di lingkungan yang relatif aman. Soal tetangga ya tidak banyak masalah. Satpam juga baik-baik. Menurut tetangga di blok lain, blok tempat tinggal saya paling bagus sistem pengamanannya, satpam nya juga baik-baik. Ya..syukurlah kalau begitu. Ninggalin anak jadinya ya rasanya nyaman.

Saya rasa soal kemandirian sama kenyamanan tinggal di rumah ini berkaitan satu sama lain. Jika kita tinggal di lingkungan yang nyaman otomatis akan lebih memudahkan buat mendidik anak jadi mandiri. Lha kalau lingkungannya nggak nyaman kan kitanya juga bakal nggak bolehin anak kemana-mana sendiri kan? Atau ya pasti bakal ngasih banyak peraturan. Meskipun begitu saya selalu menanamkan sikap waspada sama anak saya. Saya bilang kalau diajak pergi-pergi sama orang lain jangan mau, atau dikasih makanan atau dikasih permen jangan pernah mau. Saya hanya bolehin dia pergi sama mbak nya atau dikasih jajanan ya cuma dari mbak nya. Selain itu jangan mau.

Lha gimana lagi? Sekarang ini agak susah membedakan orang baik dan jahat cuma dari kedekatannya aja. Ada anak yang diapa-apain justru sama orang dekat. Mungkin definisinya diganti jadi orang kepercayaan saja. Meskipun itu juga masih bisa saja terjadi. Ya..yang penting saya selalu berdoa saja semoga anak saya selalu dalam lindungan Tuhan, saya percayakan saja - kalau kata orang tua jaman dulu - ya sama malaikat pelindungnya, karena kami dilatih untuk percaya bahwa masing-masing kita ini punya malaikat pelindung yang selalu melindungi kemanapun kita pergi.

Tidak ada komentar: