Senin, 21 Juli 2008

Pusing lagi

Baru seminggu pembantu baru minta pulang kampung. Ya, bisa dimaklumi sebenarnya. Hari Sabtu malam dia bilang suaminya kecelakaan, tabrakan motor, terus kakinya patah. Menurut hasil diskusi keluarganya, dia disuruh pulang kampung aja ngerawat suami. Lha, terus biaya pengobatan darimana, tanya saya. Katanya masih ada tabungan. Wah, pede juga ya. Saya dan suami berusaha membujuk supaya nanti kalau suami sudah baikan bisa balik kerja lagi. Bagaimanapun juga kan mereka perlu uang, lha kok malah ndak kerja dua-duanya. Saya kasih waktu satu minggu kalau mau balik ya silakan, nanti uang transportnya diganti. Dia nya ngangguk ngangguk aja.

Yah, sekarang kami pusing lagi. Cari dimana lagi pembantu yang baik dan rajin? Ya tenaga kerja sih barangkali banyak ya. Maksudnya tinggal ambil dari yayasan pastinya ya ada. Tapi kan ya belum tentu bener orangnya. Ini aja yang cuci gosok juga minta keluar katanya tangannya sakit udah gak mampu lagi. Terus dia bawain saudaranya buat gantiin. Tapi kalau dilihat tampang si saudara ini kok masih bloon ya. Emang sih baru dua bulan tinggal di sini dari kampung. Jadi ya semestinya maklumin kalau tampangnya masih lugu. Buat saya berarti ini tambahan kerjaan lagi, soalnya mesti ngajarin lagi. Kemarin aja datang terus nyapu tapi cuman yang kelihatan aja. Jadi bawah sofa ya masih debuan. Waduh, gawat. Terus pas ngeringin cucian kayaknya juga pertamanya masih bunyi-bunyi. Suami saya udah khawatir aja. "Bisa-bisa mesin kita rusak kayak yang punya tetangga itu", katanya. Punya tetangga saya emang sepertinya udah nggak normal lagi tuh gara-gara pembantunya gak bisa ngoperasiin. Setiap kali ngeringin bunyinya gubrak gubrak, bukannya dimatiin tapi didiemin aja. Jadinya sekarang bunyinya ya gerodok-gerodok, meski sudah bukan gubrak lagi.

Cari pembantu emang susah-susah gampang. Heran juga sih, padahal kerjaan rumah itu kan ya cuman sederhana sebenarnya. Apa sih susahnya nyapu? Tapi kok ya adaa aja orang yang gak bisa nyapu. Lha apa orang ini di rumah gak pernah nyapu sih? Terus soal sensitif enggaknya sama debu atau kerapian. Ada juga orang yang cuek-cuek aja liat barang-barang masih kotor. Saya sering tuh minta diulangin lagi nyuci peralatan dapur nya sama pembantu. Atau ya minta diulang setrikanya. Abis gimana ya. Terus juga soal kamar mandi. Aduh, gemes bener. Suruh bersihin kamar mandi tapi kok ya cepet banget terus pas saya masuk lagi, lha kok masih sama aja gak ada perubahan. Ini orang punya mata gak sih mosok liat kotoran di depannya cuek aja? Terus dia ngapain aja tadi? Heran bin gemes saya.

Kadang saya ya beres-beresin sendiri daripada dibilang cerewet. Tapi kata suami sih, suruh kasih pembantu aja. Lha tapi kalau dikerjain orang lain tuh saya suka gak puas. Cuman ini karena fisik sudah sangat terbatas, jadinya saya jadi suka makan ati. Mau beresin sendiri udah gak mampu, mau ngomongin kok ya jadinya cerewet. Udah gitu ngomonginnya mesti berkali-kali lagi. Jengkel kan jadinya?

Kadang saya gak setuju sama LSM yang suka belain pembantu. Ya memang jangan sampai mukul atau terus nyiksa pembantu. Bagi saya ya lebih baik dikeluarin aja kalau gak cocok, daripada dipaksa kerja seturut maunya majikan tapi sambil dipukulin. Tapi kalau terlalu disayang saya ya ndak setuju juga. Pembantu ini ndak semuanya baik dan benar lho. Ada yang hobinya nonton teve, ada yang pacaran, ada yang ya cuman sekadar bengong ngalamun di teras. Yang terakhir ini yang banyak. Mereka sepertinya 'don't know what to do' gak ngerti mesti ngapain. Jadinya ngalamun aja. Yang sering saya liat sih terus bersihin kuku kaki. Duduk ngelingker sambil pegang guting kuku. Beberapa pembantu yang pernah kerja sama saya rata-rata punya hobi ngurus kuku kaki. Saya juga ndak tau kenapa.

Nah, sekarang saya sama suami judulnya lagi pusing lagi. Mana suami kerjaan banyak dan harus keluar kota, sementara saya lagi hamil tua gini. Aduh... kok ya ada aja ya? Harapan kami sih, semoga si pembantu baik yang kemarin itu balik lagi. Meski harapan itu tipis ya. Entahlah..sementara ini ya terpaksa saya bolos bolos lagi ke kantornya atau ya ngajak anak kerja sepulang sekolah meskipun dalam hati kasihan juga. Capek pasti dia soalnya sekarang masuk pagi. Mau bagaimana lagi?

Tidak ada komentar: