Minggu, 20 Juli 2008

Merajut

19 Juli 2008

Sudah lama saya tertarik merajut. Dari kapan ya? Tepatnya saya lupa. Mungkin SMA atau SMP. Siapa yang ngajarin? Saya lupa. Barangkali ibu atau apa mungkin saya bisa sendiri? Entahlah. Tahu-tahu saya bisa merajut. Nenek saya juga suka merajut. Bahkan pekerjaan itu dulu pernah jadi sumber penghasilan beliau. Nenek saya berasal dari keluarga berada dan berdarah biru, jadi beliau pernah sekolah di sekolah keputrian yang pada masanya hanya berisi anak-anak dari keluarga berada.

Saya lupa sudah pernah bikin rajutan apa saja. Yang masih tersimpan rapi adalah perangkat baju bayi satu setel - baju bayi dan sepatunya. Akhir-akhir ini saya pengen merajut lagi. Kena pengaruh dari internet. Ternyata ada komunitas merajut di internet. Mereka ini terdiri dari ibu-ibu kreatif, ada yang ibu rumah tangga, ada ibu pekerja, ada juga yang belum nikah. Tapi rata-rata sih ibu-ibu. Wah, hasil karya mereka bagus-bagus. Jadinya saya terpicu juga pengen merajut lagi. Kebetulan beberapa hari lagi saya bakal cuti hamil. Daripada bengong, lagian sudah tidak banyak lagi aktivitas fisik yang bisa saya lakukan. Saya pilih merajut dah. Ada juga sih proyek kristik yang belum saya selesaikan. Tapi sementara ini pilihan saya pada merajut. Lebih asyik kayaknya.

Kemarin pas liburan di Yogya saya beli benang katun banyak. Murah-murah lagi. Benang katun polos harganya 5000 rupiah, kalau yang sembur 6000 rupiah. Nah, gambar yang pamerkan di sini adalah proyek saya yang pertama hasil dari benang dari Yogya itu.

Ini taplak mini hasil dari pola yang saya dapat dari bukunya Thata Pang. Sebenarnya tidak persis begitu. Tepatnya ini interpretasi pola yang keliru. Hasilnya seharusnya lempeng, gak kaya renda gitu pinggirnya. Akhirnya saya manfaatkan juga tapi, buat alas patung Bunda Maria. Cantik juga kok.

Tapi saya sudah bikin lagi karena penasaran. Pelan-pelan tapi jadi juga dengan cara yang benar.
Yang warna oranye kuning ini yang benar. Cuma warnanya terlalu ngejreng. Jadinya bingung mau buat apa, akhirnya saya simpan aja dulu. Diplastikin. Nggak nyangka sih jadinya sengejreng ini. Kalo anak saya sih seneng warnanya.



Buat yang simpel-simpel saya bikin pembatas buku. Terus terakhir saya bikin tempat hape buat dikasih ponakan. Proyek yang baru mulai bikin taplak lagi buat teman di Bali. Saya cerita nya mau pamer hasil karya sembari kasih kenang-kenangan. Teman saya ini suka ngatur-ngatur rumah. Jadi saya pikir saya bisa kasih sesuatu buat di rumahnya.

Selanjutnya, wah banyak sekali keinginan di otak ini. Pengen bikin ini itu. Saya lagi pesen kakak di Yogya minta dibeliin benang lagi biar koleksi benangnya lebih beragam. Beberapa hari lagi kan suami ada proyek di Yogya, so biar dia yang bawain.

Tidak ada komentar: