Rabu, 30 Juli 2008

Mengisi waktu

Apa yang sebaiknya dilakukan kalau di rumah terus? Nonton teve? Baca? Tidur? Main game? Browsing internet? Memasak? Posting-posting saya akhir-akhir ini memang akan seputar tema mengisi waktu. Lha gimana lagi, saya udah cuti hamil, mau kemana-mana juga susah. Kegiatan keseharian ya bangun pagi, nyiapin buat anak sekolah, mandiin, ngasih sarapan, nunggu antar jemput, abis itu saya sendiri mandi terus jalan-jalan pagi ke pasar di samping olahraga juga beli sayur dan lauk buat sehari. Sampai di rumah tunggu anak pulang sekolah. Kerjaan rumah seperti cuci gosok dan beberes rumah sudah dikerjakan sama orang lain. Ada mbak-mbak dari kampung sekitar kompleks yang saya pekerjakan untuk ini.

Jam-jam berikutnya ya saya bisa apa saja. Agak bosan memang. Tapi ya apa mau dikata. Emang begini. Harus pintar-pintar cari kegiatan. Nonton teve dari beberapa hari ini berita tentang pembunuhan mutilasi yang berkembang jadi pembunuhan berantai. Bikin saya jadi parno sendiri. Kata kakak saya, mbok ya jangan diikutin wong harusnya orang bunting itu pikirannnya santai malah jadi tegang gara-gara berita kayak gitu. Ya udah saya liat gosip-gosip selebriti. Eeh..kemarin anak saya nyeletuk "wah, ibu mulai lagi nonton gosip-gosip", katanya. Nah...kan.

Mau baca kok rasanya mata ini malas. Ada sih novelnya Ayu Utami yang baru, Bilangan Fu, dibeliin suami sebelum berangkat ke Yogya minggu lalu. Tapi kok masih malas bacanya ya. Merajut saja lah.

Tas yang saya buat beberapa hari terakhir dah jadi. Tinggal ngerapiin benang sambungan aja biar gak keleleran kemana-mana. Udah dikasih bunga mawar buat pemanis. Dah cantik, tapi sayang belum bisa saya potret dan saya pamerin di blog. Kamera nya kan masih dibawa suami, padahal nafsu untuk pamer ini sudah sedemikian kuat. Terpaksalah saya bersabar dulu.

Sekarang saya lagi bingung mau bikin apa lagi ya? Di benak saya sih mau bikin tempat tissue aja. Benang kiriman kakak dari Yogya belum sampai, mungkin hari ini. Sebenarnya saya pengen bikin 'granny square', saya udah download banyak free pattern dari internet. Jadinya gatel pengen nyobain. Ya sembari nunggu saya bikin tempat tissue aja lah. Kemarin pas saya browsing saya liat ada yang pamerin tempat tissue rajutan hasil karya sendiri, jadi saya sekarang punya ide. Udah ada bayangan sih, nanti mau dibikin pake tusuk apa.

O ya, kemarin itu saya bikin bunga mawar yang buat pemanis tas nyonto dari buku rajutan karya AJ. Boesra judulnya Aneka Kreasi Rajutan (Crochet). Ini buku merajut yang saya beli pertama kali. Sesudah saya banyak browsing dari internet terus beli dua bukunya Thata Pang, kok saya jadi merasa si AJ Boesra ini nggak pake metode waktu nulis buku itu. Dia cuma pamerin hasil rajutannya terus ditulisnya model kalimat langsung gitu. Misalnya ni di halaman 34, tentang cara membuat mawar pada tahap ke empat dia cuma nulis: "Satu mahkota terdiri dari single crochet, chain, 9 double crochet berseling dengan chain dan single crochet"
Kalo bukan orang yang sudah mahir merajut pasti akan bingung ngikutin tahapan ini. Saya aja mulanya gak paham. Setelah baca dan pelajari berulang baru lah ngeh. Juga ada yang terpaksa saya karang sendiri caranya. Lha wong untuk pusat bunga, dia cuma tulis: "pasangkan pusat bunga tepat di tengah". Lo? Gimana cara pasangnya? Dengan teknik rajutan seperti apa? Ato pake benang jahit? Ato dilem? Saya sendiri akhirnya pakai cara saya sendiri. Biarpun ngarang tapi jadi juga. Cuman sesudahnya saya masih bingung bagaimana cara memasangkannya di tas. Di buku juga nggak dikasih tahu pakai cara apa. Akhirnya saya pake aja peniti. Beres.

Sementara itu buku Thata Pang lebih rapi. Dalam arti ada metode nya. Itu juga ditulis dengan teknis internasional. Maksudnya sama dengan apa yang dipahami dunia merajut umumnya. Selain ditulis dengan kalimat juga dilengkapi dengan pola. Naah, ini yang membuat saya makin paham. Kadang kalo kalimatnya membingungkan, saya liat polanya. Ooo gitu to? Pencantuman pola ini sangat sangat membantu. Pernah saya baca di salah satu blog yang bilang kalo dia punya majalah merajut dalam bahasa Jepang, tapi meski dia tak bisa bahasa Jepang, hanya dengan melihat pola dia bisa bikin rajutan seperti di majalah itu. Pola itu menurut saya bahasa universal yang bisa dimengerti semua orang. Saya sendiri udah gak sabar nunggu suami pulang supaya dia bisa temenin saya ke Toko Buku Kinokuniya buat beli majalah rajutan yang dari Jepang. Kalo saya liat di internet sih Jepang ini idenya adaa aja buat bikin rajutan. Dibanding rajutan karya ibu-ibu Amerika, ide-ide dari Jepang rasanya lebih unik dengan pilihan materi benang yang lebih beragam. Kalau ide-ide dari Amerika cenderung konvensional. Misalnya ya 'granny square' itu.

Yaa..karena saya sudah mulai agak terlatih, saya mulai bisa memahami buku AJ Boesra tadi itu. Meski masih agak tersendat. AJ Boesra ini banyak menggunakan benang dengan kualitas bagus kayaknya. Jadi meskipun sederhana hasil rajutannya tapi materialnya berkelas semua. Beda dengan Thata Pang yang range-nya luas. Thata menawarkan gaya rajutan dari yang sederhana sampai yang berkelas. Rata-rata apa yang diperlihatkan Thata bisa dipahami dan membuat kita jadi pengen bikin karena materialnya relatif mudah didapat. Bahkan kita bisa beli dari dia langsung. Saya pun sudah pernah sekali pesan benang sama Thata. Prosesnya gampang dan cepet. Lain kali saya mau pesan lagi ah..

Terakhir saya cuma mau bilang 'terima kasih banyak buat Thata' karena dia sangat-sangat membantu saya mengisi waktu. Thata berhasil menularkan virus yang membuat saya ketagihan pengen terus dan terus merajut. Mengisi dan menemani saya di menit-menit penantian buah hati saya. Merajut berhasil menepis pikiran-pikiran negatif yang sering sekali menghantui benak saya gara-gara hasil lab terakhir yang menyatakan kalo Rubella IGG saya tinggi. Gara-gara itu pula saya jadi tidak tenang tidur dan serba resah. Betapa tidak, salah seorang dokter yang saudara saya bilang kalo ketahuan di awal sebaiknya digugurkan karena parasit itu menyerang pusat susunan syaraf janin. Aduuuh....Tuhan, saya langsung menangis mendengarnya. Mana suami sedang jauh lagi.

Sekarang di samping merajut, ya saya cuma bisa berdoa. Novena setiap hari semoga penantian ini tidak sia-sia. Saya pasrahkan kepada Tuhan dan mohon pendampingan dari Bunda Maria.

Tidak ada komentar: