Rabu, 16 Juli 2008

Pembantu

Dapat pembantu baru. Direkomendasikan supir teman kantor. Setiap kali dapat orang baru di rumah biasanya saya deg-degan, macam apa ya nanti orang ini? Pengalaman beberapa kali terakhir bikin jengkel. Ada yang ternyata buta huruf (bayangin hare gene buta huruf..), dua kali cuma betah sehari lantas minta keluar, yang pertama tiba-tiba balik lagi ke rumah pagi-pagi minta kerja lagi soalnya dapat majikan baru katanya galaknya minta ampun (syukurin!), terus yang kedua katanya gak mau jaga anak (padahal udah dibilang kalo nantinya yang penting jaga anak, sebel), lantas ada yang bego nya minta ampun (tiap hari terpaksa ngomel, padahal orang hamil gak boleh marah-marah akhirnya dilepas aja deh, daripada bikin bete), ada juga yang datang-datang minta gaji 500rb, padahal bukan suster dan cuma lulusan SD, dan tugasnya cuma jaga anak karena yang cuci gosok dan bersih-bersih rumah udah ada (wah, tolak aja deh).

Na..sebelum dapat yang baru ini saya kepikiran, macam apa ya orangnya. Eh...beruntung sekali saya, baru beberapa hari dia udah kelihatan sangat berprestasi. Sama anak saya juga baik, beres-beres rumah juga oke, pokoknya udah keliatan mencorong dah! Wah, saya harap moga-moga anak ini betah di rumah. Dia ini barusan kawin, jadi ya lagi perlu kerja. Dulunya bekas suster dan pernah dikursusin ngurus anak meskipun belum pernah punya pengalaman ngasuh bayi (aku bujuk yaaa nantinya kan bakal punya anak, jadi anggap aja ini belajar dulu lagian selama beberapa bulan nanti masih aku temani).

Kemarin saya dah beli kipas angin buat ruang depan, jadinya kipas angin yang satunya bisa buat dia sendiri. Saya sih maklum kalau ruang tempat dia tidur itu kalau malam panasnya bukan main. Kasihan kan kalau gak ada kipas angin, bisa-bisa gak betah dia. Padahal saya lagi sangat perlu orang dengan kualifikasi baik macam dia. Ya aku terpaksa beli baru buat ruang depan, jadi kalau suami saya kerja malam-malam dia gak kepanasan (suami saya ini gak bisa hidup kalo kepanasan, kalo gak ada angin langsung gatal-gatal badannya, kasian kan).


Saya pribadi sebenarnya gak sreg kalau ada orang lain di rumah. Tapi ya, akhirnya harus juga. Dulu waktu habis menikah sama sekali gak terpikir kalau harus pakai pembantu. Pengennya semua bisa dikerjain sendiri. Ternyata eh ternyata, ada anak lahir terus ada kesibukan baru, terus eh sekarang mau beranak lagi. Beneran gak kepegang kerjaan rumah itu. Padahal kalau liat reality show The Nanny itu, orang Amerika rata-rata punya anak lima dan untuk bayar pengasuh mereka gak mampu karena di sana gajinya mahal banget. Ibu-ibu yang di acara reality show itu kayaknya pada teler-teler karena seharian gak punya waktu buat ngurus diri sendiri. Meski ada juga yang kejadian justru sebaliknya, anak-anaknya gak keurus.

Di Indonesia, gaji suster atau pengasuh anak tidak semahal di Amrik, tapi yaaa menurut saya sih lumayan juga. Dari pengalaman punya suster, mereka ini dapat gaji yang baik. Tiap tiga bulan sekali ada tambahan uang buat beli baju seragam, terus tiap enam bulan gajinya naik sesuai prestasi, tiap tahun sekali juga harus ada uang lebaran. Rata-rata sih, orang kalau anaknya udah besar gak pakai suster lagi tapi pakai mbak aja - sebutan buat pembantu yang ngasuh anak. Biayanya lebih murah, gak pake keharusan uang baju seragam, dinaikin enggaknya terserah kita. Lagian kalau mbak kan bisa disuruh-suruh ngerjain yang lain, gak melulu anak. Ntar jadi manja anaknya. Seperti pengalaman saya baru-baru ini juga gitu, anak udah mandiri tiba-tiba dapat suster baru yang nguntit terus kemanapun dia pergi. Mosok minum susu aja dibawain gelas susunya sampai ke luar rumah, ngikutin anak main. Ampun dah! Bisa-bisa anak saya jadi gak bisa ngapa-ngapain nih.

Beberapa kali ngambil suster dan pembantu rasanya membuat saya sulit membedakan mereka. Buat saya yang ibu-ibu yang cenderung pelit (he..he..) lebih enak kalau dapat pembantu tapi yang telaten ngasuh anak. Lha wong suster itu udah gajinya mahal, kerjanya terbatas, tapi kinerjanya sama kayak pembantu tetangga yang gajinya lebih murah. Biarpun memang kalau ngambil suster itu ada rasa aman nya, soalnya suster kan diambil dari yayasan yang akan menjamin kalau ada apa-apa (kebetulan yayasan di komplek saya baik reputasinya). Saya tak perlu korek-korek latar belakangnya tapi yakin anak saya aman kalau saya tinggal pergi. Yayasan-nya tahu alamat rumahnya karena model recruitmen nya door to door. Ada lagi yayasan yang pegang surat jaminan dari orang tuanya. Jadi bikin saya aman lah. Kan suka ada cerita yang suster-suster nyolong atau culik anak majikan. Aduh..ngeri saya.

Pengalaman saya dengan beberapa suster, mereka juga baik sama anak saya. Pertamanya sih saya kuatir jangan-jangan pas saya tinggal anak saya dibentak-bentak atau dipukul. Soalnya suka liat pengasuh anak tetangga gitu juga sih. Kebetulan dan syukurlah, suster-suster yang kerja di tempat saya nggak ada yang begitu. Mereka baik-baik dan jujur semua. Cuman ya ada yang bodo aja. Kalau soal ngasuh sih baik semua. Kalaupun ada satu dua yang enggak baik biasanya gak lama udah saya keluarin dulu atau ya dibikin gak betah (he..he..). Buat soal ginian saya sangat strict. Tapi beberapa teman banyak yang bilang kalau saya beruntung karena selalu dapat pengasuh anak yang baik. Saya suka mbatin kalau dibilang begitu, barangkali bukan soal keberuntungan, saya nya yang gak betah kalau dapat orang yang aneh-aneh.

Bayangkan saja, ada teman yang tahan punya pembantu yang hobinya nonton sinetron terus, atau hobi pacaran, atau bloon, atau ya yang menurut saya jelas tidak akan saya terima deh orang macam itu. Tapi mereka bisa bertahun-tahun punya pembantu yang sama dan gak ganti-ganti macam saya. Saya sama suami lantas berkesimpulan, barangkali emang kami yang terlalu banyak cingcong.

Begitulah, nyari pembantu itu susah-susah gampang. Kalau pas dapat yang baik ya baik banget. Kalau pas sial ya makan ati jadinya. Saya sih berharap yang terbaik aja, moga-moga yang ini baik, jujur, awet.

Tidak ada komentar: