Minggu, 28 Februari 2010

Akibat air setitik, rusak coklat sebelanga


Bikin coklat? Gampang - wong cuma nge-tim terus tuang di cetakan, masukkan kulkas. Beberapa menit kemudian selesai. Lha, apa susahnya? Kok gak semua orang bisa bikin coklat? Terus kenapa juga harganya mahal? Ternyata eh ternyata...setelah ngelakoni sendiri, tak mudah lho!

Ngetim misalnya, harus dengan api sedang menjelang kecil (naaa..bingung kan). Pokoknya jangan terlalu besar ndak boleh over-heating kata si buku resep. Jangan sampai mendidih. Juga jangan terkena air setitik pun.

Coklat mengandung gula, kalo kepanasan akan menggumpal. Coklat juga mengandung lemak alias ada minyaknya, jadi bisa bayangkan kalo minyak kena air. Ndak bisa to? Pokoke jangan sampai ada air pas bikin coklat. Cetakannya juga harus kering betul. Ibarat pepatah, akibat air setitik, rusak coklat sebelanga. Kalimat ini aku pakai buat judul entri kali ini juga karena penanganan coklat ini harus haluuuusss benar. Kalo bisa se-sempurna mungkin. Kesalahan sedikit saja bisa fatal. Kalau kata Yeni Ismayani, si ahli tata boga yang nulis buku tentang coklat, harus dalam keadaan santai.

Buatku masak coklat bisa sekalian ngetes emosi. Beberapa kali masak masih juga belum baik. Kali ini cuma cetak-cetak tok. Tapi itu pun tak semudah yang dibayangkan. Lihat aja hasil jadi di foto-ku itu. Masih belum sempurna karena di bagian dasar hati ada pinggirannya tipis. Kalo kayak yang dijual di toko-toko coklat yang profesional itu kan coklatnya terlihat tercetak sempurna gitu. Pinggirannya juga halus.

O ya, setelah dingin dan tercetak pun si coklat ini sifatnya angkuh. Ndak boleh sering-sering dipegang. Kalo bisa sih pas nglepasin cetakannya juga di ruang ber-AC biar gak gampang leleh. Juga kalo keseringan dipegang nanti sidik jari kita bakal ngecap di coklat. Naa..pas aku mau foto coklatnya itu juga gitu. Pertama cuma pegang pake tangan, eh lha kok ngecap sidik jari. Terus pake sendok, eh susah ngambilnya. Terus pake jepitan, tapi karena pinggiran jepitan tajem malah luka di coklatnya. Wiss..geleng-geleng kepala aku. Beginilah kalo masih amatiran.

Tapi namanya juga masih belajar, ya baiklah..diterima saja. Diambil hikmahnya dan terus belajar biar bisa makin baik dan makin baik.

Tidak ada komentar: