Jumat, 19 Februari 2010

Oseng Ikan Asin Tomat Ijo


Bingung aku nama masakan ini apa. Sejak kecil masakan ini sudah sering ada di meja makan he. Tapi nggak tahu nama spesifiknya apa. Pokoknya cara masaknya dioseng aja. Dan kalau sudah ada masakan ini, wuih dijamin makannya pasti nambah. Apalagi kalo pakai nasi anget. Terus makannya pakai tangan aja. Biar kata kelihatan 'kurang beradab' tapi yang penting kenikmatan-lah yang didapat :)

Resepnya begini:
Bahan:
1. Ikan asin 4 buah (aku nggak tahu yang aku pakai ini namanya ikan jenis apa, yang aku beli di mister Kasno ini satu plastik isinya dua-dua - tapi sepertinya jenis ikan apa aja bisa kok dimasak dengan cara ini). Potong-potong ikan asin sesuai selera, di aku yang motongin si mister Kasno, soalnya beliau punya pisau yang asli tuajem banget.
2. Tomat ijo 10 buah (aku suka banget soalnya, makin banyak makin enak). Potong satu buah menjadi enam bagian atau kalau tomatnya kecil ya dibagi empat bagian.
3. Petai 1 papan. Iris-iris satu mata petani jadi 4 bagian. Eh, tapi kalo emang doyan ya silakan kalo mau dibiarin aja gak usah diiris.
4. Minyak goreng untuk menumis.

Bumbu:
1. Bawang merah 4 siung. Iris tipis.
2. Bawang putih 2 siung. Iris tipis.
3. Daun salam 2 lembar.
4. Lengkuas, 3 iris
5. Cabe ijo besar 5 buah, iris serong.
6. Cabe merah 3 buah, iris serong.
7. Garam setengah sdt.
8. Penyedap masakan - aku pakai maggie.

Cara membuat:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan sisa bumbu yang lain ditambah petai. Aduk-aduk rata. Taburi garam dan penyedap masakan.
3. Masukkan ikan asin dan tomat ijo.
4. Beri air sedikit saja. Gunanya agar bumbu lebih cepat terserap dan merata.
5. Aduk sebentar saja, jangan sampai tomatnya layu. Yang enak adalah kalau tomatnya setengah matang. Jadi rasanya nanti campuran asin, pedas dan asam. Nikmaaaattt banget...

O ya, jangan lupa makannya pakai krupuk karak yang tadi :)

Tidak ada komentar: