Minggu, 28 Februari 2010

Bubur Labu


Kemarin sesudah pulang gereja mampir ke Pasar Modern BSD. Sayur mayurnya komplit. Banyak yang gak pernah ada di Mister Kasno, di sini ada. Misalnya saja labu parang. Mister Kasno jaraaaaang sekali bawa. Kalaupun bawa itu biasanya pas bulan-bulan puasa buat sediaan ibu-ibu yang mau bikin kolak. Padahal aku dah lama pengen beli labu parang semenjak tahun baru kemarin disuguhin bubur manado di Bandung. Mau beli di supermarket kok belinya harus yang irisan gede dan harganya juga mahal. Nah, ini kok ada yang jual satu irisan gitu. Per irisan harganya 5000 perak, masing-masing diplastik terus digantung-gantung gitu. Beli ah, mau bikin bubur manado sendiri.

Eh, pagi ini bukannya bikin bubur manado tapi malah bikin bubur buat sarapan Putri. Jadilah aku campurin labu ke buburnya. Sekarang isi buburnya jadi beragam. Ada wortel, baby buncis, sama labu. Warnanya meriah. Cuma kayaknya aku rada keliru ya, labunya aku masukin duluan baru yang lainnya. Aku pikir keras jadi lama matengnya, ternyata cepet banget, jadinya lembek dan nyaris hancur. Penampilannya seperti yang di foto itu. Rasanya? Enak. Manis dan gurih. Cuma bau buncisnya juga sedikit mengganggu ternyata - rasanya rada langu padahal udah pake yang baby buncis. Tapi secara keseluruhan rasa labu mendominasi kok.

Resepnya sederhana, aku pakai sedikit bahan soalnya cuma buat maem si Putri yang baru 1,5 tahun:

Bahan:
1. Beras satu gelas takar
2. Wortel satu buah potong kotak kecil-kecil
3. Baby buncis secukupnya (aku gak ngitung berapa cuma kemarin beli 2000 perak aku pake separo-nya), rajang tapi jangan terlalu halus
4. Labu aku pake secukupnya, seberapa ya ukurannya? Kira-kira kalo dari ujungnya sekitar 15 cm lah panjangnya. Potong kotak kecil-kecil.

Bumbu:
1. Daun salam 2 lembar
2. Garam 1 sdt (agak banyak memang soalnya nanti airnya bakal ditambah-tambah terus)
3. Kaldu blok (aku pakai maggie separoh kotak kecil)
4. Gula sdm peres saja jangan munjung (ini sesuai selera lho, gak juga gak papa. Kalo aku gunanya buat penyeimbang rasa gurih dari daun salam dan garam)

Cara membuat:
1. Rebus beras, daun salam, dan garam dengan air yang cukup banyak.
2. Menjelang mendidih aduk-aduk, biar berasnya gak pada nempel di panci.
3. Jika airnya habis, tambah lagi. Sampai diperoleh kelembekan bubur sesuai selera. Kalo suka bubur yang lembek ya aduk terus dan tambah air terus. Kalo aku karena si Putri udah tumbuh gigi yang hampir lengkap, buburnya aku bikin kasar biar dia belajar ngunyah.
4. Masukkan kaldu blok dan gula. Icip.
5. Jika bubur sudah setengah matang, masukkan sayur-sayuran: labu, wortel, dan buncis. Aduk lagi. Sayuran sebaiknya dimasukkan menjelang matang supaya gak terlalu matang, supaya kandungan vitaminnya gak menguap.Ingat kalo bubur ini buat anak-anak.
5. Aduk terus sampai matang. Angkat.

Tip dari aku:
Bubur sebaiknya disajikan hangat. Nah, jika kelamaan air dalam bubur akan menguap dan meresep ke nasinya. Kalau mau ngangetin sebaiknya jangan langsung tapi ditambah air panas dulu sedikit terus diaduk-aduk sebentar baru nyalakan kompor. Tujuannya biar bubur gak gosong, karena waktu ngangetin akan ada penguapan.

Tidak ada komentar: