Jumat, 19 Februari 2010

Krupuk Karak


Naah, ini dia yang aku sebut di posting beberapa waktu lalu. Ini krupuk karak bikinan sendiri. Ceritanya, tanggal 14 Februari kemarin banyak acara jadi kami semua makan di luar. Malam juga begitu. Paginya baru sadar ternyata masih punya banyak nasi. Mau dimakan kok warnanya udah mulai menguning gitu. Ya aku bikin krupuk karak aja. Gampang kok bikinnya. Cuma cuaca ini yang nggak jelas, kadang panas kadang hujan. Sambil bikin sambil berdoa semoga ada matahari :)

Ini resepnya:
Bahan:
1. Nasi (sisa nasiku kira-kira 3 porsi orang dewasa)
Bumbu:
1. Garam bleng (aku pakai yang bentuknya jari telunjuk, dan aku pakainya dua buah)

Cara membuat:
1. Rendam garam bleng dalam air panas secukupnya sampai larut. Saring (karena terkadang ada yang tidak mau larut). Sisihkan.
2. Uleni nasi dengan air larutan bleng. Aduk-aduk hingga rata.
3. Kukus dengan dandang yang sebelumnya sudah dipanaskan hingga airnya mendidih terlebih dahulu sekitar 20 menit.
4. Setelah matang, angkat nasi dan haluskan. Aku pakai cara tradisional, menghaluskannya pakai ulekan yang dibungkus plastik (dan yang ngerjain bukan aku tapi sang asisten :P)
5. Setelah halus, diratakan dalam satu tempat. Lebih baik pakai loyang cetakan kue yang persegi empat. Kalau tak ada pakai apa saja yang ada.
Catatan: adonan ini enak juga dimakan hangat dengan ditaburi parutan kelapa yang dibubuhi garam sedikit.
6. Diamkan adonan beberapa saat sampai dingin baru diiris-iris halus.
7. Tata di atas tampah, jemur hingga kering benar. Untuk kasusku kali ini, aku perlu waktu 3 hari. Maklum panas hujan panas hujan gak tentu.
8. Goreng di atas minyak panas.

Tidak ada komentar: