Minggu, 31 Januari 2010

Ayam Goreng Serundeng


Kemarin abis buka-buka tabloid Saji yang lama, lihat ada resep ayam goreng serundeng, kok kayaknya gampang. Lagian mirip kayak ayam ungkep yang biasa aku bikin, cuma ini pakai kuah santan terus ditaburi serundeng. Ah, jadi pengen nyoba. Suami dah aku kabarin, beliau cuman angguk-angguk aja tanda setuju. Ini kan hari Minggu, jadi pemakan utama masakanku ya beliau itu. Pas Mister Kasno lewat, langsung aja beli ayam satu ekor. Plus lalapan daun singkong, mentimun sama cabe merah plus tomat buat sambal. Kemangi tinggal petik aja di kebun. Yang doyan cuman aku ini. Kelapa beli di Ayu sayur aja, soale yang ada mesin parutannya. Nah, sekarang siap beraksi.

Masak ayam serundeng ini sama sekali nggak sulit tapi bikin pegel tangan pas masak serundengnya. Soalnya mesti ngaduk-ngaduk lamaaa.. sampai parutan kelapa kering betul. Saking semangatnya, serundengku jadi terlalu kering dan agak pahit. Tapi ya masih tetep enak. Gurih, manis, rasanya khas serundeng. Wajanku juga sampai gosong hitam.

Hasil akhirnya ternyata enak banget lho. Ayam yang diungkep pakai santan gurih banget. Campuran dari rasa gurih, manis, pedas, dan segar lalapan jadi satu harmonisasi tersendiri di lidah. Hmmm..yummy banget!

O ya resep dari Tabloid Saji edisi 100/th.IV/13-26 Juni 2007. Ini Saji yang paling aku suka, soalnya ada bonus 24 halaman berisi 100 resep. Bayangin, resepnya banyak dan harganya waktu itu masih 6000 perak. Makasih Saji!

Nah, ini resep sebagaimana aku kutip dari Saji. Catatan aja, yang aku pakai masak ukurannya tidak tepat seperti itu, karena aku pakai satu ekor ayam yang tak terlalu besar terus dibagi 12 potong. Aku pakai resep ini sebagai acuan dasar aja. Selebihnya ukurannya aku modifikasi sendiri. Tapi bahan-bahannya plek sama. O, ya untuk sambalnya aku pakai resep sendiri. Nanti lihat di posting berikutnya ya.

Bahan:
5 buah (425 gram) paha atas
2 batang serai, dimemarkan
5 lembar daun jeruk, disobek-sobek
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
3/4 sendok teh gula pasir
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa (aku pakai santan kara dan air kelapa)
100 gram kelapa parut kasar
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm lengkuas
2 cm kunyit

Cara membuat:
1. Rebus ayam, serai, daun jeruk, bumbu halus, garam, merica bubuk, gula pasir, dan santan. Masak sampai meresap.
2. Angkat ayamnya dan goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang
3. Aduk rata sisa bumbu dan kelapa parut kasar. Aduk di atas api kecil sampai kering.
4. Sajikan ayam dengan sambal, serundeng, dan lalapan.

2 komentar:

Keluarga Nobel Tips dan Resep mengatakan...

Sip...saya baca profil Anda. Salam kenal. Sama...bagi saya jalan-jalan ke mall juga bukan favorit. Lebih suka pergi ke alam. Resep ayam serundengnya lagi mau dipraktekin. Terima kasih, ya.

Tata mengatakan...

Sama-sama,selamat mencoba ya :)