Rabu, 13 Januari 2010

Kwetiau Goreng pertamaku

Sudah lama pengen banget bisa bikin kwetiau goreng sendiri. Browsing internet udah, nanya sana sini udah, tapi belum juga keturutan. Tadi pagi udah mantepin ati mau bikin. Aku pilih resep dasar dari mbak Wati - pembantu tetangga. Sekarang orangnya sih udah keluar karena hamil gede, udah mau lahiran. Sebelum keluar udah aku interogasi dulu sebelumnya supaya kasih aku bocoran macam-macam resep masakan soalnya doi pinter sih he..he..

Ternyata bikin kwetiau goreng itu ndak sulit. Gampang banget. Meskipun tampilannya udah kayak kwetiau yang biasa aku beli tapi rasanya sih yaaaa masih kurang mantep dikit. Tapi ya tak apa lah, wong namanya baru pertama kali. Nanti-nanti kalau sudah terbiasa aku yakin pasti makin sip.

Nah, ini resep yang aku pakai:

Bahan:
1. Kwetiau Kalimantan, rendam di air panas supaya tidak saling lengket.
2. Taoge panjang, potong ekornya.
3. Caisim, rajang kasar.
4. Daging ayam, potong kotak satu centimeter
5. 2 butir telor ayam, kocok lepas. Goreng dan acak-acak seperti mau buat orak-arik.
6. Kaldu ayam, sedikit saja hanya untuk mencampurkan bumbu di penggorengan
7. Minyak goreng untuk menumis

Bumbu:
1. 3 siung bawang putih, keprek, cincang kasar
2. Kecap manis sesuai selera
3. Kecap asin satu sendok makan saja
4. Garam
5. Lada bubuk
6. Penyedap masakan

Cara membuat:
1. Tiriskan kwetiau. Beri kecap manis, campur rata. Sisihkan.
2. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan garam, lada bubuk, kecap asin dan penyedap masakan
3. Masukkan daging ayam dan telor, tumis dengan bumbu
4. Masukkan caisim dan taoge, aduk rata sebentar dengan bahan yang lain hingga setengah layu.
5. Masukkan kwetiau yang sudah berbalur kecap manis, aduk hingga tercampur rata.
6. Agar semua bumbu tercampur rata, tuangkan kaldu ayam. Aduk sekali lagi hingga semua tercampur.
7. Matikan api. Angkat. Selesai dah...

Tidak ada komentar: