Jumat, 08 Januari 2010

Sayur Bayam


Aku paling suka sayur bayam yang dimasak jadi sayur bening. Bumbunya sederhana. Cuma bawang merah sama daun salam. Kasih garam plus gula. Jadi deh. Segar sekali. Setiap hari makan sayur bayam pun rasanya tak bosan. Kalo ada temu kunci boleh juga ditambah. Jika tidak ya tak mengapa. Tak terlalu berpengaruh.

Variasi isi sayur bayam bisa beragam. Yang utama ya sayur bayam itu sendiri. Isi lainnya bisa ditambah wortel, kacang panjang, jagung manis, oyong, ato tauge kacang item (tauge yang gede-gede itu). Suka-suka aja. Warnanya nanti jadi cantik. Ijo, oranye, kuning, putih. Kalo suka bisa tambah tomat. Tapi aku sendiri kurang suka jika ada tomat, karena nanti 'mblenyek' daging tomat suka amburadul kemana-mana terus jadi sedikit berbuih kuahnya. Tak enak dilihatnya. Kebetulan anakku - si Bintang - juga tak suka tomat, jadi ya sudahlah tak usah pakai tomat.

Soal lauknya? Wah bisa macam-macam juga. Paling umum sih pake tempe goreng kunyit. Jaman masih dimasakin ibu, aku paling suka sayur bayam sama lauk ikan lele goreng. Sama sambel terasi yang pake daun jeruk purut. Wuaaahhh!! Menu yang paling top markotop.

Alasan utama tanam pohon salam di rumah ya karena itu. Buat masak sayur bayam. Dulu tanam juga temu kunci di pot, tapi lama-lama abis dan mati. Terus ada juga pohon jeruk purut. Sewaktu-waktu bisa dipetik daunnya buat bikin sambal terasi.

Pas hamil anak pertama, setiap hari makan sayur bayam itu terus. Sampai suami heran. "Bayam lagi, bayam lagi," katanya. Aah, biarian aja wong aku suka ini. Lagian bagus buat jabang beibe di dalam perut..he..he..

Lauk pasangan sayur bayam yang paling disukai Bintang adalah telur gulung berisi irisan kol. Wah, bisa nambah-nambah dia. Kalo pas gak ada kol ya bisa nugget (yang paling praktis), ato perkedel jagung. Sebenarnya sayur bayam paling fleksibel. Bisa dipasangkan dengan macam-macam lauk. Bisa ikan goreng, ayam goreng, daging goreng, tahu bacem, pokoknya ibarat kata: apapun lauknya, sayurnya tetep bening bayam. Adik Bintang, si Putri, ternyata tak suka pakai lauk goreng. Dia lebih suka makan sayurnya aja. An sich. Ya wis lah, tak mengapa. Pokoknya tetep sayur bayam.

Tidak ada komentar: