Jumat, 08 Januari 2010

Jamur Kuping



Jarang sekali nemu jamur kuping yang 'seger' di tukang sayur. Biasanya dijualnya kering diplastikin gitu. Eh, ndilalah ini kok nemu di tukang sayur jamur kuping yang seger. Dikemasnya dalam plastik. Seplastiknya dijual duaribu perak. Ya udah aku langsung beli dua. Yang difoto itu jamur plastik dua kemasan yang udah aku buka.

Kenapa aku tertarik sama jamur kuping ini, karena ini mengingatkan aku pas turun lapangan bulan September tahun lalu di Ciamis. Di sana - Mang Jono sengaja mencari jamur kuping untuk menjamu saya makan malam di rumahnya. Istri Mang Jono lah yang memasaknya. Sederhana aja, cuma ditumis dengan cabe jemprit (cabe kecil warna oranye) yang buanyak. Jadi pedesnya minta ampyun! Tapi rasanya yang lezat dan kenyil-kenyil kalo dikunyah itu membuat saya terus mengingatnya. Makanya, begitu lihat ada jamur kuping di tukang sayur, tanpa berpikir panjang aku memutuskan untuk ditumis dan dimakan sama nasi hangat.

Memasaknya tak lama. Wong bumbunya cuma irisan bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, dan daun salam. Bubuhi garam dan maggie, boleh juga bumbu masak kalo suka. Dan..eng ing eng..Jadinya seperti ini:



Dimakannya cukup pake nasi hangat sama krupuk kampung. Makannya pakai tangan aja gak pake sendok. Nikmat bener....

Tidak ada komentar: